Loading...
Kelas 8Rangkuman MateriSemester 1SMP

Rangkuman Materi PAI Kelas 8 Bab 2

Rangkuman Materi PAI Kelas 8 Bab 2

Halo adik adik, bertemu kembali dengan Admin Portal Edukasi. Pada kesempatan lalu Admin telah membagikan rangkuman materi PAI kelas 8 Bab 1: Meyakini Kitab-Kitab Allah, Mencintai Al-Quran. Pada kesempatan kali ini Admin akan membagikan rangkuman materi PAI kelas 8 Bab 2: Menghindari Minuman Keras, Judi, dan Pertengkaran. Yuk mari disimak!

 

A. Menghindari Minuman Keras, Judi, dan Pertengkaran.

Tahukah kalian bahwa Allah S.W.T menghendaki kebaikan hidup orang mukmin. Setiap perintah dan larangan Allah dimaksudkan untuk mengatur kehidupan orang beriman supaya mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.

Allah S.W.T menghalalkan segala jenis makanan dan minuman yang mendatangkan manfaat. Sebaliknya, Allah S.W.T mengharamkan segala jenis makanan dan minuman yang mendatangkan madharat.

Secara tegas Allah melarang orang beriman mengkonsumsi makanan dan minuman yang haram. Di antaranya adalah Allah mengharamkan minuman keras (khamr). Keharaman khamr ini juga ditegaskan dalam hadis Nabi berikut:

larangan minuman keras

Meminum khamr adalah perbuatan keji dan perbuatan setan. Setan bermaksud menanamkan permusuhan dan kebencian di antara sesama manusia. Di samping itu, meminum khamr akan menghalangi-halangi mengingat Allah S.W.T. Hal ini dikarenakan orang yang meminum khamr akan hilang kesadarannya. Allah menjanjikan keberuntungan bagi orang orang yang menjauhi minuman keras.

Selain minuman keras, Allah juga melarang umat muslim untuk melakukan perjudian. Karena pada dasarnya judi hanya membuat kita semakin sengsara dan semua hanya berisi tipu daya setan.

Allah S.W.T juga menegaskan bahwa tindakan kekerasan yang bisa berakibat kepada pembunuhan sangat dilarang. Tindakan menghilangkan nyawa seseorang sangat berat dosanya di mata Allah S.W.T. Allah berfirman, membunuh satu orang sama seperti membunuh nyawa semua orang. Sebaliknya, pahala memelihara kehidupan seseorang sama seperti pahala memelihara kehidupan semua manusia.

Pertengkaran dan pembunuhan sangat dilarang. Larangan ini bersifat menyeluruh. Tidak boleh orang muslim bertengkar dengan sesama muslim. Orang muslim juga tidak boleh bertengkar dengan selain muslim. Allah menghendaki kehidupan ini berjalan dengan damai dan segala permasalahan juga diselesaikan dengan cara yang baik-baik, seperti musyawarah atau dialog.

Hadis Rasulullah SAW :

hadis rasul tentang pertengkaran

 

Baca Juga: Rangkuman Materi PAI kelas 8 Bab 3.

 

Sekian rangkuman yang dapat Admin bagikan kali ini, jangan lupa share ke teman teman kalian apabila kalian merasa artikel ini bermanfaat untuk kalian. Selalu kunjungi Portal Edukasi untuk rangkuman materi lainnya.

 

2
Tinggalkan Komentar...

avatar
1 Comment threads
1 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
2 Comment authors
AdminErga Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Erga
Guest
Erga

Butuh PAI bab 8-10

error: Maaf Dilarang Copas Ya :)