Loading...
Kelas 8Rangkuman MateriSemester 1SMP

Rangkuman Materi PAI Kelas 8 Bab 3

Rangkuman Materi PAI Kelas 8 Bab 3

Rangkuman Materi PAI Kelas 8 Bab 3

Halo adik adik, bertemu kembali dengan Admin Portal Edukasi. Pada kesempatan lalu Admin telah membagikan rangkuman materi PAI kelas 8 Bab 2: Menghindari Minuman Keras, Judi, dan Pertengkaran. Pada kesempatan kali ini Admin akan membagikan rangkuman materi PAI kelas 8 Bab 3: Mengutamakan Kejujuran dan Menegakkan Keadilan. Yuk mari disimak!

 

 

 

A. Jujur.

Jujur adalah mengucapkan sesuai dengan kenyataan yang sebenarnya tanpa ditambahkan maupun dikurangi.

Kejujuran harus diutamakan dalam setiap pergaulan, baik di rumah, sekolah maupun masyarakat. Kerugian akibat ketidakjujuran akan dirasakan oleh diri sendiri dan orang lain. Seseorang yang tidak jujur akan sulit mendapatkan kepercayaan dari orang lain. Sementara orang lain yang pernah dibohongi akan merasa kecewa dan sakit hati.

Kepercayaan tidak dapat dibeli dengan uang. Kepercayaan akan muncul jika seseorang jujur. Sebagai contoh, seorang yang jujur biasanya akan dipilih menjadi bendahara. Tugas bendahara sungguh berat, karena harus mencatatat dan membukukan keuangan dengan benar dan jujur.

Setiap tugas dan kewajiban yang dilaksanakan sebaik-baiknya pasti akan mendapatkan balasan dari Allah S.W.T berupa pahala.

Dalam sebuah hadist riwayat Muslim, Rasulullah SAW bersabda:

Kejujuran

 

 

B. Adil.

Adil berarti memberikan hak kepada orang yang berhak menerimanya, meletakkan segala urusan pada tempatnya.

Orang yang adil adalah orang yang memihak kepada kebenaran, bukan berpihak karena pertemanan, persamaan suku, maupun bangsa.

Ajaran Islam menjunjung tinggi azas keadilan.

Dalam sebuah hadist riwayat Nasa’i, Rasulullah SAW bersabda:

hadis Keadilan

 

C. Memahami Dalil Naqli tentang Perilaku Jujur dan Adil.

Hadis jujur dan adil

 

Ayat diatas menegaskan bahwa menegakkan keadilan harus karena Allah S.W.T semata, bukan karena kepentingan pribadi atau duniawi. Kepentingan pribadi atau duniawi harus dikesampingkan dalam menegakkan keadilan. Bahkan jika kita bersaksi untuk kepentingan kerabat dekat, maka kita pun harus bersaksi dengan mengatakan yang sebenarnya, meskipun kesaksian itu merugikannya. Demikian juga jika kita bersaksi untuk musuh, maka kita pun bersaksi dengan mengatakan yang sebenarnya, meskipun menguntungkannya.

Orang yang jujur juga akan mendapatkan kepercayaan dari orang lain. Kepercayaan tidak bisa dibeli dengan uang. Kepercayaan muncul karena seseorang memang layak mendapatkannya.

Keadilan sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Bahkan doa pemimpin yang adil akan di terima oleh Allah S.W.T sebagaimana hadis berikut ini:

pemimpin adil

 

Baca Juga: Rangkuman Materi PAI kelas 8 Bab 4.

 

Sekian rangkuman yang dapat Admin bagikan kali ini, jangan lupa share ke teman teman kalian apabila kalian merasa artikel ini bermanfaat untuk kalian. Selalu kunjungi Portal Edukasi untuk rangkuman materi lainnya.

4
Tinggalkan Komentar...

avatar
4 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
4 Comment authors
Tyler1Jeshamba allahdellin Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
dellin
Guest
dellin

Makasih ya

hamba allah
Guest
hamba allah

thx ya sangat bermanfaat

Jes
Guest
Jes

Sngt membantu

Tyler1
Guest
Tyler1

Tysm thankyou somych

error: Maaf Dilarang Copas Ya :)