Loading...
Kelas 8Rangkuman MateriSemester 1SMP

Rangkuman Materi IPA Kelas 8 Bab 1

Rangkuman Materi IPA Kelas 8 Bab 1

Rangkuman Materi IPA Kelas 8 Bab 1

Halo adik adik yang berada di kelas 8, kali ini Admin hendak membagikan rangkuman materi IPA Kelas 8 Bab 1 untuk kalian nih. Rangkuman kali ini akan membahas tentang Gerak Benda dan Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar. Yuk mari disimak!

 

 

 

A. Konsep Gerak

1. Gerak Lurus

Suatu benda dikatakan bergerak apabila mengalami perubahan posisi dari suatu titik acuan.

Pada bab ini kita akan mempelajari tentang gerak lurus.

Apa itu gerak lurus? Gerak lurus adalah ketika suatu benda bergerak lurus baik itu tetap, dipercepat, ataupun diperlambat.

Dalam gerak suatu benda ada hubungan antara kecepatan, jarak dan waktu. Secara matematis dapat ditulis:

Rumus Kecepatan

Keterangan:

v = kecepatan (m/s)

s = jarak (m)

t = waktu (s)

 

Dalam gerak, suatu benda tidak selamanya selalu dengan kecepatan statis atau tetap. Ketika suatu benda mengalami perubahan dalam kecepatannya, disebut sebagai percepatan. Percepatan sendiri ada dua yaitu dipercepat dan diperlambat. Percepatan secara matematis dapat ditulis:

percepatan

2. Gaya

Gaya adalah tarikan atau dorongan.

Gaya dapat mengubah bentuk, arah dan kecepatan benda.

Gaya secara umum dapat dibedakan menjadi gaya sentuh dan gaya tak sentuh.

Gaya sentuh contohnya adalah gaya otot dan gaya gesek.

Gaya otot adalah gaya yang ditimbulkan oleh koordinasi otot dengan rangka tubuh. Contoh seseorang menarik panah.

Gaya gesek adalah gaya yang diakibatkan oleh adanya dua benda yang saling bergesekan. Contohnya gaya gesekan antara meja dengan lantai.

Gaya tak sentuh adalah gaya yang tidak membutuhkan sentuhan langsung dengan benda yang dikenai. Contohnya ketika mendekatkan magnet dengan paku besi.

 

3. Hukum Newton

Hukum Newton diciptakan oleh Iisac Newton.

Dalam hukum ini dibagi menjadi 3 macam yaitu : Hukum Newton I, Hukum Newton II, dan Hukum Newton III.

Hukum Newton I menyatakan bahwa sifat inersia benda. Bahwa benda yang tidak mengalami resultan gaya akan tetap diam atau bergerak lurus beraturan. Contohnya adalah ketika kita sedang berada dalam mobil bergerak, kemudian mobil itu tiba tiba berhenti maka badan kita akan tersentak atau terdorong kedepan.

Secara matematis dapat dituliskan dengan:

newton 1

Dimana:

∑ F = Resultan gaya

 

Hukum Newton II menyatakan bahwa percepatan gerak sebuah benda berbanding lurus dengan gaya yang diberikan, namun berbanding terbalik dengan massanya. Secara matematis dapat ditulis dengan:

Hukum Newton II

Dimana:

a = percepatan (m/s2)

∑F = resultan gaya (N)

m = massa (kg)

 

Hukum Newton III menyatakan bahwa ketika benda mengerjakan gaya pada benda kedua, maka benda kedua tersebut akan memberikan gaya yang sama besar pada benda pertama namun berlawanan arah. Secara matematis dapat dituliskan dengan:

Faksi = – Freaksi

 

B. Sistem Gerak Manusia.

1. Rangka

Sistem rangka adalah suatu sistem organ yang memberikan dukungan fisik pada makhluk hidup.

Rangka manusia dibentuk dari tulang tunggal atau gabungan (seperti tengkorak) yang ditunjang oleh struktur lain seperti ligamen, tendon, otot, dan organ lainnya.

Perhatikan gambar dibawah ini:

sistem rangka

Setelah melihat gambar diatas, kita tahu bahwa manusia memiliki banyak sekali jenis tulang. Secara umum tulang manusia dewasa terdiri atas 206 tulang.

Fungsi tulang adalah:

  • Memberikan bentuk pada tubuh dan menopang tubuh kita.
  • Melindungi organ dalam.
  • Tempat menempelnya otot.
  • Pada jenis tulang tertentu, tulang dapat berfungsi sebagai tempat pembentukan sel darah.

Tulang memiliki struktur, struktur tulang dapat kita kategorikan sebagai berikut:

  • Periosteum
  • Sumsum Putih Tulang
  • Pembuluh Darah
  • Tulang Kompak
  • Tulang Spons

Setelah mengetahui struktur tulang, kita akan pelajari tentang bentuk tulang pada manusia.

Bentuk tulang pada manusia dibedakan menjadi empat yaitu:

  • Tulang panjang. Contohnya tulang lengan.
  • Tulang pipih. Contohnya tulang dada.
  • Tulang pendek. Contohnya tulang ruas jari.
  • Tulang tidak beraturan. Contohnya tulang punggung.
2. Sendi

Sendi adalah tempat bertemunya dua tulang atau lebih. Dengan adanya sendi, hubungan antara tulang-tulang tubuh dapat digerakkan.

Macam macam sendi:

  • Sendi peluru. Sendi ini dapat digerakkan dengan sangat bebas. Contohnya sendi antara tulang lengan atas dan tulang belikat.
  • Sendi engsel. Sendi ini mempunyai gerakan satu arah. Contohnya sendi pada sikut dan lutut.
  • Sendi putar. Sendi ini dapat berputar pada porosnya. Contohnya sendi diantara tulang tengkorak dengan tulang leher.
  • Sendi pelana. Sendi ini dapat bergerak ke dua arah, yaitu muka-belakang dan ke samping. Contohnya sendi pada pangkal ibu jari.
  • Sendi geser. Sendi ini dapat bergerak ke dua arah, yaitu ke depan dan belakang. Contohnya sendi pada tulang pergelangan tangan dan kaki.
3. Otot

Otot adalah penggerak bagian-bagian tubuh, sehingga otot disebut alat gerak aktif.

Contoh gerakan otot adalah otot bisep kontraksi dan otot bisep relaksasi. Perhatikan gambar dibawah ini:

otot bisep

Otot yang bekerja dibawah kesadaran adalah otot yang bekerjanya dapat kita kendalikan. Sedangkan otot yang bekerja di luar kesadaran adalah otot yang tidak dapat kamu kendalikan secara sadar.

Otot secara umum dapat dibedakan kedalam tiga jenis, yaitu:

  • Otot rangka.
  • Otot polos.
  • Otot jantung.

Otot rangka adalah otot yang paling banyak terdapat di dalam tubuh. Otot rangka terlihat bergaris-garis melintang sehingga disebut juga otot lurik. Otot ini tergolong sebagai otot sadar.

Otot polos terdapat pada dinding lambung usus halus, rahim, kantung empedu, dan pembuluh darah. Otot polos tergolong dalam otot tak sadar.

Otot jantung hanya terdapat di jantung.

C. Gangguan dan Kelainan pada Sistem Gerak Manusia.

Contoh kelainan pada sistem gerak manusia adalah:

  • Riketsia
  • Osteoporosis
  • Artritis
  • Fraktura (Patah Tulang)
  • Kifosis
  • Lordosis
  • Skoliosis

Riktesia terjadi karena kekurangan vitamin D, sehingga proses pengerasan tulang terganggu. Riktesia menyebabkan tulang kaki tumbuh membengkok.

Osteoporosis disebabkan karena kekurangan kalsium. Penyakit ini umumnya terjadi pada orang tua dan dewasa.

Artritis adalah penyakit sendi yang diakibatkan tulang rawan sendi yang rusak. Contohnya adalah rematik.

Fraktura atau patah tulang disebabkan karena benturan yang keras. Patah tulang dibagi menjadi dua kategori yaitu Fraktura terbuka dan Fraktura tertutup. Fraktura terbuka terjadi ketika tulang yang patah menembus keluar kulit, sedangkan fraktura tertutup ketika tulang yang patah tidak menembus keluar kulit.

Kifosis merupakan kelainan dengan melengkungnya tulang belakang yang berlebihan di bagian dada ke arah belakang. Penderita kifosis akan terlihat bungkuk.

Lordosis merupakan kelainan dengan melengkungnya tulang belakang yang berlebihan kearah depan di bagian pinggang.

Skoliosis adalah melengkungnya tulang belakang ke arah samping.

Untuk lebih memahami tentang kifosis, lordosis, dan skoliosis kalian dapat melihat gambar dibawah ini:

lordosis, kifosis, skoliosis

D. Sistem Gerak Pada Hewan

1. Gerak Hewan dalam Air.

Air memiliki kerapatan yang lebih besar dibandingkan di udara, sehingga hewan lebih sulit bergerak di air daripada di udara.

Namun Tuhan Yang Maha Kuasa, menciptakan hewan yang hidup di air dengan anugerah yang luar biasa. Hewan yang hidup di air memiliki bentuk torpedo (streamline).

Bentuk tubuh ini memungkinkan tubuh meliuk dari sisi ke sisi dan mengurangi hambatan ketika bergerak dalam air.

2. Gerak Hewan di Udara.

Hewan yang bergerak di udara memiliki tantangan utama yaitu gravitasi. Seperti kita ketahui gravitasi selalu menekan semua benda kebawah.

Hewan di udara di anugerahi sayap, contohnya burung.

Sayap burung tersusun atas kerangka yang kuat dan ringan, serta otot yang kuat.

Sayap memiliki struktur yang dinamakan airfoil. Airfoil ini akan menghasilkan gaya angkat dan gaya dorong yang efektif untuk pergerakkan burung. Sayap burung ini mengaplikasikan Hukum Newton III yang telah kita pelajari bersama sebelumnya diatas.

3. Gerak Hewan di Darat.

Hewan yang hidup di darat memiliki otot dan tulang yang kuat. Pada hewan di darat tidak ada bedanya dengan manusia yang bergerak.

E. Sistem Gerak Pada Tumbuhan.

Berdasarkan asal datangnya rangsangan, gerak pada tumbuhan dibedakan menjadi tiga yaitu:

  • Gerak Endonom
  • Gerak Higroskopis
  • Gerak Esionom

Gerak Endonom adalah gerak yang berasal dari dalam sel atau tubuh tumbuhan.

Gerak Higroskopis adalah gerak yang diakibatkan perubahan kadar air didalam sel tumbuhan.

Gerak Esionom adalah gerak tumbuhan yang disebabkan oleh adanya rangsangan dari luar tubuh tumbuhan.

Untuk gerak esionom masih dibagi menjadi tiga macam yaitu:

  • Gerak Tropisme
  • Gerak Taksis
  • Gerak Nasti

Gerak Tropisme adalah gerak tumbuhan yang arah geraknya dipengaruhi oleh arah datangnya rangsang dari luar. Gerak yang mendekati arah rangsangan disebut tropisme positif, sedangkan gerak yang menjauhi arah rangsangan disebut tropisme negatif. Macam-macam gerak tropisme:

  • Fototropisme : diakibatkan oleh rangsangan cahaya
  • Geotropisme: diakibatkan oleh gravitasi bumi
  • Hidrotopisme: diakibatkan oleh sumber air
  • Tigmotropisme: diakibatkan oleh sentuhan
  • Kemotropisme: diakibatkan oleh zat kimia

Gerak Taksis adalah gerak pindah tempat seluruh bagian tumbuhan yang arahnya dipengaruhi oleh sumber rangsangan.

Gerak Nasti adalah gerak tumbuhan yang tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan. Macam-macam gerak nasti:

  • Gerak Seismonasti: dipengaruhi oleh sentuhan atau getaran
  • Gerak Niktinasti: dipengaruhi oleh kondisi siang dan malam hari
  • Gerak Fotonasti: dipengaruhi oleh rangsangan cahaya
  • Gerak Termonasti: dipengaruhi oleh rangsangan suhu

Baca Juga: Rangkuman Materi IPA kelas 8 Bab 2.

Sekian rangkuman yang dapat Admin bagikan kali ini, jangan lupa share ke teman teman kalian apabila kalian merasa artikel ini bermanfaat untuk kalian. Selalu kunjungi Portal Edukasi untuk rangkuman materi lainnya.

 

29
Tinggalkan Komentar...

avatar
24 Comment threads
5 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
26 Comment authors
SyahrizalfaroihanAlfariziAbygailtuaniYusuf Recent comment authors
  Subscribe  
newest oldest most voted
Notify of
Naura
Guest
Naura

izinin copy plis:( mau diprint buat sekolahhhhh

Dimas
Guest

Saya ingin menyalin teks bab,1,2,3 untuk tugas merangkum IPA plis…

Dimas Agus Setiawan
Guest
Dimas Agus Setiawan

Izininn copy dong buat tugas sekolah

Bery prasetya
Guest
Bery prasetya

Thanks

Ara
Guest
Ara

Mksihhh bnykk:)

huda
Guest
huda

bisa di kirimin ke email

riyanto
Guest
riyanto

tolong minta dikirimin rangkuman materi kelas 7,8,9 semester 1,
terima kasih

Aliya
Guest
Aliya

Paham banget deh^.^

samidi
Guest
samidi

gmn cara copy nya

Nazwa
Guest
Nazwa

Terimakasih gan, sangat membantu:)

yudi
Guest
yudi

salam kenal kaka. boleh minta rangkuman utk bab gerak benda dan mahluk hidup bab 1. untuk keperluan tugas sekolah. sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih atas kerjasamanya. semoga kaka makin sukses.

Say-D
Guest
Say-D

Ma’af Kaka, bisa minta copy buat tugas sekolah,…….

Sekar
Guest
Sekar

Matur nuwun njih..

UNKNOWN
Guest
UNKNOWN

Yang cuman maunya copas artinya gak mau berusaha itu tipe orang malas

Siapa kek
Guest
Siapa kek

Siapa tau nanti dia nambahin lagi dari buku.ga cuman ngeliat kesini juga kan,kalo misalkan yg mau copas artinya gamau berusaha kenapa kamu liat?

dyonisius
Guest
dyonisius

nuhun pisan euy ieu teh bermanpaat pisan

Mrhkna
Guest
Mrhkna

makasi banget๑>ᴗ< ๑

Aji
Guest
Aji

mantab artikelnya lengkap

Mrhkna
Guest
Mrhkna

thanks

Th aleta chika a
Guest
Th aleta chika a

Izin copas buat bljr ulangan donk

Nur hajiah Jiah
Guest
Nur hajiah Jiah

Tetapi kasih

Echa mayca
Guest
Echa mayca

Min minta tolong rangkuman IPS dong, soalnya IPS 1 bab materinya buanyakkk

Yusuf
Guest
Yusuf

Aku nyalin buat tugas sekolah

Abygailtuani
Guest
Abygailtuani

Thx ya kk, aku jadi makin gampang ngapal rumus, dan bisa ngerangkum tiap materi IPA. Ditunggu ya kk, blognya yg selanjutnyaaa 😊

Alfarizi
Guest
Alfarizi

Makasih Ini Sangat Membantu Saya ,,, Jng Lupa Baca Rangkuman” Materi Yh

Alfarizi
Guest
Alfarizi

Sangat Membantu

faroihan
Guest
faroihan

bg, saya maucopas untuk tugas sekolah

Syahrizal
Guest
Syahrizal

Plis lah aku buat tugas sekolah aku mau copy tolong izin kan

error: Maaf Dilarang Copas Ya :)