Loading...
SilabusAdministrasiAdministrasi GuruSMP

Silabus PJOK SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017

silabus PJOK smp kurikulum 2013 revisi 2017

Silabus PJOK SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017.

Pada kesempatan kali ini Admin akan membagikan silabus PJOK SMP kurikulum 2013 revisi 2017 untuk semua tingkatan baik kelas 7, 8, maupun 9.

Sebelum Admin membagikan link untuk silabus ini, alangkah baiknya rekan guru membaca dulu pendahuluan yang diberikan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengenai silabus PJOK SMP Kurikulum 2013 revisi 2017 ini.

Pendahuluan Silabus PJOK SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017

PENDAHULUAN

Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) merupakan salah satu mata pelajaran pada Kurikulum 2013. PJOK merupakan bagian integral dari program pendidikan nasional, bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui pembekalan pengalaman belajar menggunakan aktivitas jasmani terpilih yang dilakukan secara sistematis yang dilandasi nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Silabus ini merupakan acuan bagi guru dalam melakukan pembelajaran agar siswa mampu mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih sesuai dengan tujuan.

Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkannya lagi sesuai kebutuhan dan mengakomodasi keungulan-keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus mencakup kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang untuk mencapai kompetensi dasar yang diharapkan. Kegiatan pembelajaran yang termuat di dalam silabus ini merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan berbagai kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan tingkat perkembangan siswa.

Setelah mengikuti pembelajaran PJOK, siswa memiliki sikap, pengetahuan, keterampilan gerak, serta meningkatnya derajat kebugaran jasmani yang dapat digunakan/berguna untuk aktivitas hidup keseharian, rekreasi, dan menyalurkan bakat dan minat berolahraga, hidup sehat dan aktif sepanjang hayat yang dilandasi oleh nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Esa, disiplin, menghargai perbedaan, kerja sama, sportif, tanggung jawab, dan jujur, serta kearifan lokal yang relevan.

[collapse]

Secara umum ada beberapa lingkup materi yang disampaikan pada silabus PJOK SMP Kurikulum 2013 revisi 2017 ini, yakni sebagai berikut:

silabus pjok smp kurikulum 2013 revisi 2017 1 silabus pjok smp kurikulum 2013 revisi 2017 2 silabus pjok smp kurikulum 2013 revisi 2017 3

Bagi rekan guru yang membutuhkan salinan silabus ini dapat download dibawah ini:

Silabus PJOK SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017.

Semoga silabus ini bermanfaat untuk rekan guru dalam menyiapkan administrasi dan menyusun RPP untuk mengajar di kelas. Semoga amal ibadah yang rekan guru berikan melalui pendidikan mendapat pahala dan balasan dari yang Maha Kuasa. Aamiin.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Maaf Dilarang Copas Ya :)
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x