Loading...
SilabusAdministrasiAdministrasi GuruSMP

Silabus MTK SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017

silabus mtk smp kurikulum 2013 revisi 2017

Silabus MTK SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017.

Pada kesempatan kali ini Admin akan membagikan silabus MTK SMP kurikulum 2013 revisi 2017 untuk semua tingkatan baik kelas 7, 8, maupun 9.

Sebelum Admin membagikan link untuk silabus ini, alangkah baiknya rekan guru membaca dulu pendahuluan yang diberikan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengenai silabus MTK SMP Kurikulum 2013 revisi 2017 ini.

Pendahuluan Silabus MTK SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017

PENDAHULUAN

Silabus ini merupakan acuan bagi guru dalam merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran agar siswa memiliki kecakapan atau kemahiran matematika sebagai bagian dari kecakapan hidup yang harus dimiliki siswa yang mencakup kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan, terutama dalam pengembangan penalaran, komunikasi, dan pemecahan masalah (problem solving) yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari dengan melakukan proses pembelajaran secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa.

Silabus mata pelajaran Matematika SMP/MTs disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru. Penyederhanaan format dimaksudkan agar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh peserta didik (learnable); terukur pencapainnya (measurable); dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan peserta didik.

Pendidikan matematika di sekolah diharapkan memberikan kontribusi dalam mendukung pencapaian kompetensi lulusan pendidikan dasar dan pendidikan menengah melalui pengalaman belajar, agar mampu:

  1. memahami konsep dan menerapkan prosedur matematika dalam kehidupan sehari-hari;
  2. melakukan operasi matematika untuk penyederhanaan, dan analisis komponen yang ada;
  3. melakukan penalaran matematis yang meliputi membuat generalisasi berdasarkan pola, fakta, fenomena atau data yang ada, membuat dugaan dan memverifikasinya;
  4. memecahkan masalah dan mengomunikasikan gagasan melalui simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk memperjelas keadaan atau masalah;
  5. menumbuhkan sikap positif seperti sikap logis, kritis, cermat, teliti, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
[collapse]

Secara umum ada beberapa lingkup materi yang disampaikan pada silabus MTK SMP Kurikulum 2013 revisi 2017 ini, yakni sebagai berikut:

silabus mtk smp kurikulum 2013 revisi 2017 1 silabus mtk smp kurikulum 2013 revisi 2017 2

Bagi rekan guru yang membutuhkan salinan silabus ini dapat download dibawah ini:

Silabus MTK SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017.

Semoga silabus ini bermanfaat untuk rekan guru dalam menyiapkan administrasi dan menyusun RPP untuk mengajar di kelas. Semoga amal ibadah yang rekan guru berikan melalui pendidikan mendapat pahala dan balasan dari yang Maha Kuasa. Aamiin.

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Maaf Dilarang Copas Ya :)
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x