Loading...
Mahasiswa

Tips Penulisan Skripsi

skripsi

Tips Penulisan Skripsi

Penulisan skripsi adalah hal mutlak yang harus dilaksanakan oleh setiap mahasiswa tingkat akhir sebagai tugas akhir mereka dalam perkuliahan, skripsi sendiri merupakan salah satu syarat utama agar dapat mengikuti ujian sidang.

Skripsi adalah salah satu hasil karya ilmiah dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang mahasiswa, sebelum dapat menyusun skripsi seorang mahasiswa harus melakukan sebuah penelitian tentang sesuatu yang hasilnya dituangkan ke dalam bentuk skripsi.

Skripsi sendiri terbagi menjadi lima bagian utama yaitu:

  1. Pendahuluan / Introduction
  2. Tinjauan Pustaka / Literature Review
  3. Metode Penelitian / Research Methodology
  4. Hasil dan Pembahasan / Finding and Discussion
  5. Simpulan dan Saran / Conclusion and Suggestion

Penulisan skripsi merupakan tantangan tersendiri bagi setiap mahasiswa karena tingkat kesulitan yang cukup tinggi, banyak dari mahasiswa mengalami stress ketika menghadapi penulisan dan penyusunan skripsi.

Pada kesempatan kali ini Admin mencoba membagikan tips nih untuk mahasiswa akhir yang hendak mulai menyusun skripsi, yuk mari disimak!

Tentukan Judul Skripsi

Sebelum kita membahas kiat kiat penulisan skripsi itu sendiri tentu saja kita harus memiliki judul untuk skripsi kita. Memilih judul skripsi ini gampang gampang susah sebetulnya, karena tuntutan dosen pembimbing yang berbeda-beda. Namun kita selaku mahasiswa perlu ingat bahwa skripsi adalah hak mutlak mahasiswa, tugas dosen pembimbing hanya membantu dalam penyusunan skripsi. So it is your choice guys! 

Dalam memilih judul skripsi, Admin sih menyarankan agar memilih judul yang tentu kita minati dan punya bayangan nanti skripsi tersebut bakal bagaimana. Kita harus miliki passion didalamnya agar ketika menghadapi dead-lock atau stuck kita dapat melewatinya dengan sabar dan tetap penuh semangat. Mulai dari mencoba mencari referensi skripsi yang telah ada di perpustakaan kampus ataupun perpustakaan online adalah awal langkah yang baik dalam memilih judul, karena kita akan mendapat banyak referensi untuk skripsi kita. Setidaknya sebelum diajukan kita telah memiliki tiga buah judul skripsi, agar ketika yang satu ditolak kita masih punya cadangan yang lain guys.

Tentukan Tujuan Penelitan

Setelah kita sukses nih menemukan judul yang kita minati, langkah selanjutnya adalah membuat tujuan penelitian. Tujuan penelitian adalah hal yang ingin kita buktikan dalam penelitan kita yang akan dituangkan kedalam skripsi, dalam proses ini kita harus memiliki setidaknya dua tujuan penelitian pada setiap judul yang akan kita ajukan.

Dalam tujuan penelitian akan ada dua variabel yakni variabel X dan variabel Y yang harus kita tentukan. Variabel X seringkali disebut juga variabel kontrol adalah variabel yang mempengaruhi variabel lain, sedangkan variabel Y  seringkali disebut juga variabel terikat adalah variabel yang dipengaruhi oleh variabel lain. Dalam penelitian harus ada satu hal yang mempengaruhi hal lain. Sebagai contoh:

Apakah penggunaan Student Team Achievement Division dapat meningkatkan vocabulary mastery siswa kelas XI?

Perhatikan pada bagian yang ditebalkan itu adalah variabel X dimana variabel tersebut yang mempengaruhi hasil suatu penelitian, sedangkan bagian yang diberi garis bawah adalah variabel Y dimana variabel tersebut sangat bergantung pada variabel X.

Bagaimana? Sudah ada bayangan kan ya sekarang? Setelah memahami dua variabel tersebut maka mulailah untuk menentukan tujuan dari penelitian kita.

Tentukan partisipan atau target penelitian

Setelah berhasil menentukan tujuan penelitian langkah selanjutnya adalah menentukan partisipan atau target dari penelitian kita. Partisipan atau target penelitian dapat sekelompok manusia ataupun berupa benda tergantung pada apa yang akan kita teliti berdasarkan tujuan penelitian kita.

Tentukan metode penelitian

Metode penelitian secara umum dibagi menjadi tiga yaitu penelitian kualitatif, penelitian kuantitatif dan penelitian mix method. Penelitian kualitatif ini bersifat deksriptif dimana kita seorang peneliti nantinya akan menjabarkan hasil penelitian secara detail satu per satu dalam sebuah paragraf deksriptif. Tujuan dari penelitian deksriptif sendiri adalah untuk mendapatkan hasil penelitian yang dalam dan detail dengan jumlah partisipan yang tidak terlalu banyak. Berbanding terbalik dengan kualitatif, dalam penelitian kuantitatif peneliti akan dihadapkan dalam pengolahan data yang melibatkan statistika, dimana setiap hasil penelitian akan diujikan dalam rumus statistik untuk mengambil sebuah kesimpulan yang akurat. Dalam penelitian kuantitatif biasanya ditentukan batas minimum untuk jumlah partisipan, semakin banyak partisipan semakin tinggi kualitas hasil penelitian kita. Sedangkan dalam mix method merupakan penggabungan antara kuantitatif dan kualitatif dimana data dijabarkan dengan deksriptif dan pengolahan data dalam statitiska.

Jadi apabila kalian dibebaskan oleh pihak kampus untuk menentukan metode penelitian kalian bisa memilih mana yang lebih kalian sukai, apakah penjelasan dengan kalimat atau pengolahan data secara statistik.

Namun biasanya kampus telah menentukan metode yang harus diambil, jadi pastikan dulu ya guys!

Baca Juga : Metode Penelitian Kualitatif

Baca Juga : Metode Penelitian Kuantitatif.

Ajukan judul skripsi dan berdoa

Setelah kalian sudah menentukan judul, tujuan penelitian dan metode penelitian untuk skripsi kalian, kalian sudah dapat ajukan itu semua kepada dosen pembimbing kalian masing-masing dan jangan lupa berdoa ya guys agar judul kalian diterima.

Mulai lakukan penelitian dan susun skripsi!

Setelah judul kalian di terima oleh dosen pembimbing, langkah selanjutnya tentunya adalah mulai melakukan penelitan untuk mengambil semua data yang diperlukan dalam skripsi kalian. Semakin cepat kalian melakukan penelitian semakin cepat skripsi kalian beres! Karena skripsi intinya bergantung pada hasil penelitian kalian loh, namun apabila waktu untuk penelitian telah ditentukan oleh pihak kampus jangan juga bersantai tanpa melakukan apa apa. Mulailah menyusun bab satu sampai tiga sedikit demi sedikit dan minta revisi dari dosen pembimbing kalian.

Skripsi pasti berlalu!

Hal yang perlu selalu diingat adalah bahwa skripsi hanyalah sebuah tugas akhir, yakinkan diri kalian bahwa kalian bisa melewati penyusunan skripsi ini. Pepatah tua menyampaikan bahwa skripsi pasti berlalu, so jangan khawatir semua tantangan ini pasti akan segera berakhir guys! Tanamkan pada diri kalian bahwa setiap hari harus skripsi harus terus dikerjakan dan ada progress meski hanya beberapa kalimat. Karena skripsi tidak akan selesai dengan sendirinya ya guys, jadi harus selalu ada progress setiap harinya.

Sekian tips dalam memulai penyusunan skripsi dari Admin pada kesempatan kali ini. Pada kesempatan berikutnya Admin akan mencoba menjabarkan setiap bagian dari skripsi dan tentunya memberikan tips penyusunan untuk setiap bab tersebut. Admin sampaikan selamat berjuang untuk kalian mahasiswa akhir jaman, eh maksud Admin mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun skripsi! Kalian pasti bisa dan selamat berjuang!

Untuk update penyusunan tersebut bisa kalian cek pada link dibawah ini:

Update penyusunan skripsi:

  1. Pendahuluan / Introduction
  2. Tinjauan Pustaka / Literature Review
  3. Metode Penelitian / Research Methodology
  4. Hasil dan Pembahasan / Finding and Discussion
  5. Simpulan dan Saran / Conclusion and Suggestion

Jangan lupa untuk selalu cek situs Portal Edukasi ya guys agar mendapatkan update terbaru mengenai cara penyusunan skripsi ini. Sampai jumpa pada kesempatan berikutnya guys!

Tinggalkan Komentar...

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Maaf Dilarang Copas Ya :)