Loading...
Tahukah Kamu?

Metode Penelitian Kualitatif

Kualitatif

Metode Penelitian Kualitatif

Pada kesempatan kali ini Admin hendak membagikan informasi nih mengenai berbagai penelitian ilmiah yang biasa dilakukan oleh peneliti ketika melakukan penelitian.

Secara umum penelitian dibagi menjadi tiga jenis yakni penelitian kualitatif, penelitian kuantitatif dan mix method. Baik kualitatif, kuantitatif maupun mix method memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pada artikel kali ini akan dibahas khusus untuk penelitian kuantitatif, mari disimak ya!

Apa itu penelitan kualitatif?

Penelitian kualitatif menurut Morrison (2011) adalah penelitian yang lebih berkonsentrasi pada observasi secara detail dengan tujuan untuk menghasilkan penjabaran secara deskripsi yang lengkap dan menyuluruh. Morrison menjelaskan bahwa setiap penelitian kualitatif haruslah melakukan observasi penelitian secara teliti agar hasil yang didapat dalam penelitian dapat bersifat detail dan menyuluruh, mencakup semua aspek yang kita perlukan dalam penelitian tersebut.

Sedangkan menurut Cresswell (2007) penelitian kualitatif dimulai dari asumsi, pandangan dunia, penggunaan teori dalam sebuah penelitian untuk memahami individu ataupun kelompok yang menjabarkan masalah sosial ataupun masalah pribadi. Cresswell berpendapat bahwa penelitian kualitatif lebih menekankan kepada permasalahan yang terjadi pada kehidupan sosial baik mengenai individu maupun grup.

Berdasarkan kedua ahli tersebut Admin dapat menyimpulkan bahwa penelitian kualitatif adalah penelitian yang lebih menekankan kepada permasalahan kehidupan sosial baik individu maupun grup yang dijabarkan secara detail dan menyuluruh melalui pembahasan deskiptif. Dalam penelitian kualitatif ini jarang sekali mencantumkan data berupa angka dan terfokuskan kepada penjabaran berupa paragraf, meskipun ada perhitungan angka didalamnya tetap harus dijabarkan secara deskriptif.

Apa kelebihan penelitian kualitatif?

Penelitian kualitatif memiliki beberapa keuntungan dibandingkan jenis kuantitatif, setiap peneliti memiliki alasan khusus untuk memilih setiap jenis penelitian. Nah, kenapa peneliti memilih penelitian kualitatif? Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh penelitian kualitatif ini:

  • Jumlah partisipan yang dibutuhkan sedikit dibandingkan jenis penelitian lain. Pada penelitian kualitatif tidak dituntut jumlah partisipan dalam jumlah yang banyak, meski hanya menggunakan partisipan hanya hitungan jari saja penelitian tersebut sudah dapat dilaksanakan. Karena yang ditekankan adalah hasil yang cukup menjawab semua pertanyaan penelitian kita itu sendiri bukan banyaknya partisipan dalam penelitian.
  • Hasil penelitian yang mendalam dan detail. Ini merupakan salah satu kelebihan utama dari penelitian kualitatif, dengan metode deksriptif yang ada penelitian ini dapat menjabarkan secara detail dan mendalam tentang hal yang diteliti oleh seorang peneliti. Sehingga hasil yang didapatkan cukup akurat dan efektif untuk mewakili suatu hal yang diujikan.
  • Menggunakan sedikit analisis statistik. Karena dalam penelitian kualitatif hanya terfokuskan kepada penjabaran deksriptif maka hanya sedikit data berupa angka statistik yang diperlukan.

Apa kekurangan penelitian kualitatif?

Tentu saja dalam setiap penelitian pasti memiliki kekurangan, termasuk dalam penelitian kualitatif. Berikut beberapa kekurangan yang dimiliki oleh penelitian kualitatif ini:

  • Perlu waktu yang lebih lama dalam pengumpulan data. Memang partisipan yang diambil hanya beberapa orang saja, namun karena dituntut untuk mendapatkan data yang detail dan mendalam maka perlu waktu yang lebih dalam proses pengumpulan data. Kenapa lebih lama? Itu dikarenakan data yang diambil haruslah mewakili seluruh pertanyaan dengan jumlah partisipan yang sedikit. Biasanya menggunakan metode interview.
  • Penjabaran yang cukup memakan waktu. Tidak hanya ketika pengumpulan data saja, permasalahan seputar waktu ditemukan juga dalam penjabaran hasil pengumpulan data. Karena bersifat deksriptif berupa penjabaran, maka setiap hasil pengumpulan data harus diolah satu per satu. Tentu saja hal ini cukup memakan waktu ketimbang hanya sekedar mengolah angka statistik.

Nah, itu dia mengenai penelitian kualitatif ini yang dapat Admin jabarkan. Apakah kalian tertarik menggunakan metode ini?

Baca juga: Metode Penelitian Kuantitatif

Semoga artikel yang telah Admin susun ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Referensi:

Cresswell, J.W., 2007, Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches (2nd edition), Thousand Oaks, US: SAGE Publication Inc.

Morrison, M.A., 2011, Using Qualitative Research in Advertising (2nd revised edition), Thousand Oaks, US: SAGE Publication Inc.

Tinggalkan Komentar...

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Maaf Dilarang Copas Ya :)