Loading...
Tahukah Kamu?

Metode Penelitian Kuantitatif

kuantitatif

Metode Penelitian Kuantitatif

Pada kesempatan kali ini Admin hendak membagikan informasi nih mengenai berbagai penelitian ilmiah yang biasa dilakukan oleh peneliti ketika melakukan penelitian.

Secara umum penelitian dibagi menjadi tiga jenis yakni penelitian kualitatif, penelitian kuantitatif dan mix method. Baik kualitatif, kuantitatif maupun mix method memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pada artikel kali ini akan dibahas khusus untuk penelitian kuantitatif, mari disimak ya!

Apa itu penelitan kuantitatif

Cresswell (2007) menjelaskan bahwa penelitian kuantitatif adalah penelitian yang menguji sebuah teori dengan menganalisa hubungan antar variabel. Dalam penelitian kuantitatif, teori menjadi dasar utama untuk menentukan langkah penelitian, menentukan model untuk penentuan hipotesis dan penentuan langkah pengumpulan data. Lebih jauh Cresswell menjabarkan bahwa penelitian kuantitatif tersusun atas proses pengumpulan, analisis, menjabarkan dan menuliskan hasil penelitian.

Apa kelebihan penelitian kuantitatif?

Penelitian kuantitatif memiliki beberapa keuntungan dibandingkan jenis kualitatif, setiap peneliti memiliki alasan khusus untuk memilih setiap jenis penelitian. Nah, kenapa peneliti memilih penelitian kuantitatif? Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki oleh penelitian kuantitatif ini:

  • Keabsahan bisa teruji dengan pasti. Pada penelitian kuantitatif keabsahan sebuah data dapat teruji dan layak untuk dipublikasikan karena menggunakan partisipan dalam jumlah yang banyak, sehingga dapat mewakili seluruh populasi yang ada.
  • Satu instrumen dapat digunakan untuk semua partisipan. Dalam penelitian kuantitatif sebuah instrumen dapat diujikan untuk seluruh partisipan karena sifatnya yang tidak terikat pada suatu keadaan sosial ataupun tingkah laku partisipan. Biasanya instrumen dalam penelitian kuantitatif bersifat umum sehingga dapat digunakan untuk semua partisipan.
  • Menjabarkan hasil penelitian yang mudah. Karena dalam penelitian kuantitatif  pengolahan data dalam bentuk statistika yang berupa angka angka, sehingga hasil pengolahan data dapat ditampilkan dan dijabarkan dengan mudah. Hasil penelitian tersebut dapat berupa grafik maupun tabel data.

Apa kekurangan penelitian kuantitatif?

Tentu saja dalam setiap penelitian pasti memiliki kekurangan, termasuk dalam penelitian kuantitatif. Berikut beberapa kekurangan yang dimiliki oleh penelitian kuantitatif ini:

  • Memerlukan partisipan dalam jumlah tertentu. Kelemahan dalam penelitian ini adalah ada batasan tertentu pada jumlah sampel yang akan diteliti karena harus dapat mewakili seluruh populasi. Menurut Admin minimum untuk jumlah sampel adalah 30 (tiga puluh) partisipan.
  • Pengolahan data lebih sulit. Dikarenakan penelitian kuantitatif ini dijabarkan dalam berupa data statistika, maka perlu keahlian khusus dalam pengolahan data. Peneliti dapat memilih untuk mengolah data dengan cara manual yakni menggunakan rumus rumus matematika yang telah ditentukan oleh para ahli ataupun dengan cara otomatis yakni dengan menggunakan software atau aplikasi pembantu seperti SPSS ataupun MiniTab.

Nah, itu dia mengenai penelitian kuantitatif ini yang dapat Admin jabarkan. Apakah kalian tertarik menggunakan metode ini?

Baca juga: Metode Penelitian Kualitatif

Semoga artikel yang telah Admin susun ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Referensi:

Cresswell, J.W., 2008, Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches (3rd edition), Thousand Oaks, US: SAGE Publication Inc.

Tinggalkan Komentar...

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Maaf Dilarang Copas Ya :)