Loading...
Informatika Kelas 7 Kurikulum MerdekaKelas 7 Kurikulum MerdekaKurikulum MerdekaSMP Kurikulum Merdeka

Informatika Kelas 7 Bab 4 Kurikulum Merdeka

Informatika Kelas 7 Bab 4 Kurikulum Merdeka

Informatika Kelas 7 Bab 4 Kurikulum Merdeka

Halo adik-adik berjumpa lagi di Portal Edukasi.

Pada kesempatan lalu Admin telah membagikan Materi Informatika Kelas 7 Bab 3 : Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Pada materi kali ini kita akan membahas tentang Materi Informatika Kelas 7 Bab 4 : Sistem Komputer.

Yuk mari disimak!

KURIKULUM MERDEKA

Materi Informatika Kelas 7 Bab 4

Sistem Komputer

 

Pengantar Sistem Komputer

Komputer (computer) adalah kata dari bahasa Inggris to compute yang artinya menghitung.

Komputer berkembang menjadi sistem komputer yang merupakan kombinasi dari perangkat keras dan perangkat lunak yang mampu melakukan pekerjaan tertentu.

Perangkat keras (hardware) adalah komponen fisik dari komputer.

Perangkat lunak (software) adalah program yang berjalan di perangkat keras tersebut.

Nah untuk lebih detailnya, mari kita pelajari lebih jauh ya!

 

Perangkat Keras – Hardware

Perangkat keras adalah perangkat komputer yang memiliki wujud fisik yang nyata, dapat disentuh atau dipindahkan, yang dapat berguna sebagai:

  • perangkat masukan (input)
  • keluaran (output)
  • pemroses (processor)
  • memori (memory)
  • penyimpanan (storage)

Nah kita harus pelajari lebih dalam juga untuk bagian ini ya!

 

Perangkat Masukan (Input)

Beberapa jenis perangkat masukan (input):

  • Mouse: untuk menggerakan kursor
  • Keyboard: untuk mengetik
  • Scanner : untuk memindai gambar atau dokumen
  • Joystick : untuk main game
  • Microphone : untuk merekam suara
  • Barcode Scanner : untuk memindai barcode

Keyboard sendiri ada beberapa jenis, seperti:

  • Keyboard QWERTY adalah keyboard paling umum yang digunakan
  • Keyboard Dvorak adalah keyboard yang menyimpan huruf paling umum di tempat yang mudah dijangkau
  • Keyboard Klockenberg adalah keyboard yang mengedepankan aspek ergonomis
  • Keyboard Maltron adalah keyboard QWERTY yang didesain untuk kenyamanan tangan
  • Keyboard virtual adalah keyboard yang tidak memiliki bentuk fisik namun fungsinya sama seperti keyboard pada umumnya

 

Pemroses

Beberapa komponen yang termasuk dalam pemroses:

  • CPU
  • RAM
  • ROM

CPU singkatan dari Central Processing Unit dan merupakan otak dari komputer.

CPU memiliki tiga komponen utama yaitu:

  • register
  • unit kendali/ Control Unit (CU)
  • unit logika aritmatika/ Arithmetic-Logic Unit (ALU)

Kecepatan pada CPU biasanya ditulis dengan clock yang dinyatakan dengan satuan Hertz (Hz).

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, dimana merupakan jenis memori sangat cepat yang di gunakan untuk menyimpan data sementara saat komputer memproses data atau mengeksekusi perintah.

Dengan adanya RAM pengolahan data dapat diproses dengan sangat cepat, namun perlu diingat bahwa RAM bukanlah tempat untuk menyimpan data, sehingga ketika komputer dimatikan maka semua data pada RAM akan hilang.

ROM adalah memori pada komputer yang digunakan untuk menyimpan instruksi yang ditulis oleh produsen komputer untuk proses booting biasanya disebut firmware.

Pada komputer, ROM bisa berisi sistem operasi kecil yang disebut Basic Input Output System (BIOS).

 

Perangkat Keluaran (Output)

Ada banyak perangkat keluaran (output), diantaranya:

  • Monitor
  • Printer
  • Speaker

 

Perangkat Penyimpanan Sekunder (Secondary Storage Device)

Sesuai namanya, peranti penyimpanan sekunder adalah tempat penyimpanan data elektronis yang bersifat permanen.

Ada beberapa jenis perangkat penyimpanan, seperti:

  • Harddisk (HDD)
  • Solid State Drive (SSD)
  • Flash Drive (yang kalian biasa sebutkan flash disk)
  • Compact Disc (CD)
  • DVD
  • Memory Card (SD Card)
  • Cloud Storage

Nah yang perlu kalian ketahui berikutnya adalah tentang bagian dari HDD, yaitu:

  • Piringan logam
  • Head baca tulis
  • Rangkaian elektronik pada PCB (didalamnya ada Digital Signal Processor, memori chip, konektor, spindle, actuator arm monitor)

HDD biasanya memiliki ukuran penyimpanan lebih besar dan lebih murah daripada SSD , namun perlu diketahui bahwa HDD rentan untuk rusak karena masih menggunakan pemutar fisik.

Sedangkan SSD tidak memiliki pemutar fisik sehingga lebih tahan guncangan dan lebih cepat dalam mengakses data.

Selanjutnya yang perlu kalian ketahui adalah tentang cloud storage.

Cloud storage hanya dapat diakses apabila kalian memiliki koneksi internet ya!

Ada beberapa kelebihan dari cloud storage yaitu:

  • Selama ada internet, bisa diakses pada device / peranti apapun.
  • Dapat sharing atau berbagi file dengan mudah
  • Penyedia cloud storage biasanya memberikan garansi keamanan dan keutuhan data

Contoh cloud storage:

  • Google Drive (GDrive)
  • pCLoud
  • DropBox
  • Sync.com
  • dll

 

Peranti Lainnya

Nah ternyata masih buanyaaak peranti lainnya pada komputer selain yang disebutkan sebelumnya, antaralain:

  • Motherboard
  • VGA Card
  • Sound Card
  • Graphical Processing Unit (GPU)

 

Spesifikasi Perangkat Keras

Untuk melihat spesifikasi perangkat keras bisa dengan beberapa cara yaitu:

  • Control Panel > System and Security > System
  • ketik “system” di search pada taskbar > pilih System
  • ketik “dxdiag” di search pada taskbar > pilih dxdiag
  • Windows Explorer > Klik kanan pada “This PC” > pilih properties

Untuk melihat semua perangkat keras yang terhubung pada komputer ada beberapa cara juga, yaitu:

  • Control Panel > System and Security > System > Device Manager
  • ketik “Device Manager” di search pada taskbar > pilih Device Manager
  • klik kanan pada logo windows pojok kiri > pilih Device Manager

 

Perangkat Lunak – Software

Perangkat lunak adalah kumpulan instruksi dan data yang dikerjakan oleh komputer.

Perangkat lunak terdiri atas program, library (kumpulan program kecil), dan data yang berhubungan dengan perangkat lunak tersebut, seperti dokumentasi, media digital, dan lainnya.

Berdasarkan lisensinya, software dapat dibagi menjadi:

  • Freeware yang artinya gratis untuk digunakan
  • Shareware yang artinya bisa digunakan pada jangka waktu tertentu, istilah kerennya trial, setelah trial habis ya harus beli
  • Adware yang artinya gratis tapi ada iklan
  • Commercial yang artinya harus beli untuk menggunakannya

Berdasarkan sumbernya, software dapat dibagi menjadi dua, yaitu:

  • Open Source yang artinya kode sumbernya dibuka ke publik, sehingga bisa dimodifikasi dan didistribusikan ulang dengan mematuhi syarat yang berlaku. Perlu kalian ketahui open source sendiri ada lisensi yang berbeda-beda ya!
  • Closed Source yang artinya kode sumbernya tidak dibuka ke publik.

Nah sekarang masuk bagian yang panjangnya, yaitu sistem operasi dan program aplikasi.

 

Sistem Operasi (Operating System)

Sistem operasi merupakan perangkat lunak utama yang memungkinkan komputer dapat beroperasi.

Sistem operasi bertugas memberikan layanan utama untuk perangkat lunak lain yang dijalankan, seperti:

  • penjadwalan tugas
  • pengelolaan memori
  • pengaturan interaksi dengan pengguna
  • akses ke penyimpan sekunder

Fungsi dari Sistem Operasi:

  • Manajemen proses
  • Manajemen sumber daya
  • Manajemen data

Ada banyak jenis sistem operasi saat ini, seperti:

  • Microsoft Windows
  • MacOs
  • Linux
  • Android
  • Apple iOS

 

Program Aplikasi

Program aplikasi itu buaaaanyak banget dan ga akan mungkin bisa disebutkan satu-satu ya.

Errr untuk bagian ini ga bisa disingkat jadi langsung aja cek pada tabel dibawah ya:

Informatika Kelas 7 Bab 4 Kurikulum Merdeka

Informatika Kelas 7 Bab 4 Kurikulum Merdeka

 

 

Interaksi Antarperangkat

Apabila kalian memiliki dua perangkat, seperti Smartphone dan Laptop, keduanya bisa berkomunikasi dan berinteraksi.

Seperti ketika menggunakan bluetooth dan tethering.

Bluetooth bisa digunakan untuk mengirimkan file ataupun untuk menghubungkan audio.

Sedangkan tethering udah pada tau ya, pastinya untuk berbagi koneksi internet.

 

Permasalahan dan Spesifikasi Perangkat Keras

Setiap komputer memiliki spesifikasi yang berbeda-beda.

Kenapa bisa berbeda-beda?

Karena target konsumennya berbeda-beda.

Mungkin ada yang pakai hanya untuk mengetik dan browsing, ada juga yang menggunakan komputer untuk editing dan pemograman, ada juga dipakai untuk sekalian gaming.

Kalau sekedar untuk ngetik dan browsing ya komputer Intel Celeron atau AMD seri rendah juga sudah cukup.

Kalau untuk editing, pemograman, apalagi gaming tentu perlu yang powerful ya, kalau pakai Intel Atom ya ngajak berantem namanya.

 

Bilangan Biner

Sebagian besar komputer yang digunakan saat ini menggunakan representasi ASCII (American Standard Code Information Interchange), yang didasarkan pada penggunaan nomor bit per karakter, tetapi beberapa negara menggunakan kode yang berbeda.

Komputer saat ini menggunakan sistem bilangan biner untuk merepresentasikan informasi.

Disebut biner karena mempunyai dua digit berbeda yang digunakan, berbasis dua (manusia terbiasa menggunakan bilangan desimal basis 10).

Setiap nol atau satu disebut ‘bit’ (binary digit).

Hal ini biasanya direpresentasikan dalam memori utama komputer oleh transistor yang dihidupkan atau dimatikan, atau kapasitor yang diisi atau dikosongkan.

Mengapa komputer hanya menggunakan dua nilai berbeda?

Hal ini dilakukan agar pembuatan peranti dapat lebih mudah dilakukan.

Satu bit tidak dapat berdiri sendiri, satu bit dikelompokkan bersama dalam kelompok delapan, yang dapat mewakili angka dari 0 hingga 255.

Kelompok delapan bit ini disebut byte.

Jadi inti perbedaannya antara desimal dan biner itu gimana sih min? Muter-muter mulu!

Sabar-sabar, sama Admin juga mabok baca buku paketnya kesana kemari ga jelas, malah ga dapet intinya.

Nah udah cukup teori yang membingungkannya, sekarang intinya.

Jadi gini:

Perlu diingat dulu bahwa bilangan biner cuman terdiri dari 0 dan 1.

Dalam bilangan desimal yang biasa kita gunakan itu menggunakan sistem 10 pangkat sekian, contoh:

  • 100 = 1
  • 101 = 10
  • 102 = 10 x 10 = 100
  • 103 = 10 x 10 x 10 = 1000
  • dst

Sedangkan dalam bilangan biner itu menggunakan sistem 2 pangkat sekian, contoh:

  • 20 = 1
  • 21 = 2
  • 22 = 2 x 2 = 4
  • 23 = 2 x 2 x 2 = 8
  • dst

Agar memudahkan kalian ingat perpangkatan 2 pada tabel dibawah ini:

tabel biner

Kemudian dalam sistem biner urutan angka itu sangat penting dan harus dijumlahkan semuanya.

Yang dijumlahkan hanya yang memiliki angka SATU (1).

Nah kita akan mencoba mengubah bilangan biner menjadi desimal.

 

Contoh Pertama

Diketahui bilangan biner yaitu 101, tentukan dalam bentuk desimal!

Berdasarkan dari tabel maka bisa diketahui bahwa:

Informatika Kelas 7 Bab 4 Kurikulum Merdeka

101 = 4 + 0 + 1 = 5

Jadi bila bilangan biner 101, dalam bentuk desimal menjadi 5.

Masih bingung? Lanjut contoh lainnya.

 

Contoh Kedua

Diketahui biner 11111, maka bila dalam bentuk desimal ….

Berdasarkan dari tabel maka bisa diketahui bahwa:

Informatika Kelas 7 Bab 4 Kurikulum Merdeka

Admin cetak merah tuh urutan bilangan binernya.

11111 = 16 + 8 + 4  + 2 + 1 = 31

Jadi bila bilangan biner 11111, dalam bentuk desimal menjadi 31.

Masih bingung juga? Lanjut contoh terakhir.

 

Contoh Ketiga

Diketahui biner 10001, maka bila dalam bentuk desimal ….

Berdasarkan dari tabel maka bisa diketahui bahwa:

Informatika Kelas 7 Bab 4 Kurikulum Merdeka

10001 = 16 + 0 + 0  + 0 + 1 = 17

Jadi bila bilangan biner 10001, dalam bentuk desimal menjadi 17.

Sudah mulai paham ya?

 

Apabila kalian sudah cukup memahami materi ini, coba juga latihan soal materi ini pada link dibawah ini:

 

Latihan Soal Informatika Kelas 7 Bab 4 Kurikulum Merdeka

 

Sekian rangkuman yang dapat Admin bagikan kali ini tentang rangkuman materi Informatika Kelas 7 Bab 4 Kurikulum Merdeka.

Jangan lupa share ke teman teman kalian apabila kalian merasa artikel ini bermanfaat untuk kalian.

Selalu kunjungi Portal Edukasi untuk rangkuman materi lainnya ya.

 

Baca Juga : Rangkuman Materi Informatika Kelas 7 Bab 5 Kurikulum Merdeka

4.1 9 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
error: Maaf Dilarang Copas Ya :)
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x