Loading...
Rangkuman MateriSMA/K

Rangkuman Materi SBK Kelas 10 Bab 1

Rangkuman Materi SBK Kelas 10 Bab 1

Rangkuman Materi SBK Kelas 10 Bab 1.

Halo adik adik, bertemu kembali di Portal Edukasi.  Pada Kesempatan kali ini Admin Desi yang akan membantu kalian untuk membahas tentang Rangkuman Materi SBK Kelas 10 Bab 1 yaitu tentang Seni Rupa dan Unsur-Unsur Seni RupaYuk mari disimak!

 

Rangkuman Materi SBK Kelas 10 Bab 1.

 

A. Pengertian seni rupa

Seni rupa merupakan salah satu bagian dari cabang kesenian. Seni rupa memiliki wujud pasti dan tetap yakni dengan menggunakan elemen rupa sebagai wujud yang dikelompokan dalam bentuk multimedia gambar,lukis,patung,kerajinan tangan kriya dan grafis.

Kompetensi dasar yang harus dimiliki dalam bidang seni rupa meliputi kemampuan memahami dan bekarnya lukis , memahami dan membuat atau memahat. Kemampuan memahami dan membuat kerajinan tangan/ handcrafting serta keahlian memahami dan berkarya atau membuat sarana Multimedia terminologi sebagai dasar mampu menguasai bidang kerupawanan.

Seni rupa sudah mengakar mulai zaman animisme dan dinamisme sampai zaman milenium seni rupa secara perfomatif dapat mempresentasikan wujud yang tampak mata. Ilusi tentang wujud dapat diserap dan dirasakan kedalam berbagai klasifikasi.

Representasi berbagai bentuk seni rupa sudah dipertimbangkan secara sinergi melalui berbagai  perhatian media yang digunakan secara dasar dari perwujudan rupa secara kontestual seni rupa adalah bentuk tampak mata yang dekat kearah  bentuk gambar ,lukis,patung,kerajinan tangan kriya dan multimedia yang berhubungan dengan unsur cabang kesenian.

 

B. Unsur unsur seni rupa

Unsur-unsur seni rupa secara lengkap meliputi titik garis ,bidang bentuk,ruang warna, tekstur dan gelap terang.

1. Titik

Titik adalah unsur seni rupa paling dasar. Titik berada pada dimensi 1 dan titik juga menjadi unsur paling kecil dan membentuk garis. Bentuk bidang bisa didenfinisikan bahwa segala ide karya seni dimulai dari titik kecil.

2. Garis

Termasuk unsur seni rupa 2 dimensi unsur ini merupakan dari unsur titik-titik hingga membentuk garis. Sebuah garis memilili dimensi memanjang dengan arah tertentu  ada beberapa macam – macam garis seperti garis pendek, garis panjang, garis vertikal atau garis horizontal.

3. Bidang

Seni rupa dihasilkan dengan menghubungkan beberapa garis hingga membentuk beberapa sisi . Bidang merupakan dimensi kedua yang memiliki ukuran panjang dan lebar contoh bidang misalnya adalah pesergi,segitiga,trapesium DLL

4. Bentuk

Seni rupa yang berikutnya adalah bentuk unsur ini membuat sebuah seni rupa menjadi lebih hidup dan dapat diamati sebagai karya seni yang utuh. Bentuk terdiri dari beberapa bidang . Ada beberapa jenis bentuk yakni bentuk geometris seperti kubus,balok,tabung,atau membentuk non-geometris seperti manusia, hewan, alam.

5. Ruang

Ruang merupakan unsur seni rupa yang memiliki dua sifat yaitu semu dan nyata dalam karya dua dimensi ruang bersifat semu karena hanya berupa penggabaran saja. Sementara dalam karya 3dimensi. Ruang bersifat nyata.

6. Warna

Warna membuat karya seni menjadi lebih hidup eksrensif berdasarkan teori warna terdapat cahaya terdapat tujuh spektrum warna dalam teori warna pigmen yaitu pengelompokan warna berikut.

Warna primer adalah warna dasar pokok yang dapat diperoleh dari campuran warna lain contohnya adalah merah, kuning, dan biru.

Warna skunder yaitu warna yang dapat diperoleh dengan mencampur dua sama warna dasar dalam takaran tertentu contohnya orange ungu dan hijau.

Warna tersier yaitu campuran warna sekunder anologus yaitu deretan warna yang letaknya berdampingan dalam lingkaran warna misalnya kuning kehijauan atau orange kemerah – merahan.

Warna komplemeter yakni warna kontras yang letaknya bersebrangan dalam lingkaran warna misalnya kuning dan ungu, merah dengan hijau DLL.

7. Tekstur

Termasuk salah satu unsur seni rupa e dimensi. Pengertian tekstur pada seni adalah sifat dan keadaan permukaan bidang pada suatu karya tiap benda tentu memiliki tekstur yang berbeda – beda meski ada juga yang hampir sama tekstur terdiri atas dua jenis yaitu semu.

8. Gelap terang

Bergantungan terhadap intensitas cahaya artinya semakin besar intensitas cahaya maka akan semakin gelap. Dalam karya 2 dimensi, unsur gelap terang dibuat berdasarkan gradiensi dan pemilihan warna.

 

Baca Juga: Rangkuman Materi Seluruh Mata Pelajaran

 

Sekian rangkuman yang dapat Admin Desi bagikan kali ini, jangan lupa share ke teman teman kalian apabila kalian merasa artikel ini bermanfaat untuk kalian. Selalu kunjungi Portal Edukasi untuk rangkuman materi lainnya.

Tinggalkan Komentar...

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Maaf Dilarang Copas Ya :)