Loading...
SilabusAdministrasiAdministrasi GuruSMP

Silabus Seni Budaya SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017

silabus seni budaya smp kurikulum 2013 revisi 2017

Silabus Seni Budaya SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017.

Pada kesempatan kali ini Admin akan membagikan silabus Seni Budaya SMP kurikulum 2013 revisi 2017 untuk semua tingkatan baik kelas 7, 8, maupun 9.

Sebelum Admin membagikan link untuk silabus ini, alangkah baiknya rekan guru membaca dulu pendahuluan yang diberikan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengenai silabus Seni Budaya SMP Kurikulum 2013 revisi 2017 ini.

Pendahuluan Silabus Seni Budaya SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017

PENDAHULUAN

Seni Budaya berperan penting dalam perkembangan dan kebutuhan siswa karena keunikan, kebermaknaan, dan kebermanfaatannya. Pembelajaran Seni Budaya dilakukan dengan memberikan pengalaman estetik yang mencakup konsepsi, apresiasi, kreasi dan koneksi. Keempat hal tersebut selaras dengan Kompetensi Inti yang ada pada Kurikulum 2013.

Mata pelajaran Seni Budaya memiliki sifat multilingual, multidimensional, dan multikultural. Multilingual bermakna pengembangan kemampuan mengekspresikan diri secara kreatif dengan berbagai cara dan media seperti bahasa rupa, bunyi, gerak, peran dan berbagai keterpaduannya. Multidimensional bermakna pengembangan beragam kompetensi meliputi konsepsi (pengetahuan, pemahaman, analisis, evaluasi), apresiasi, dan kreasi dengan cara memadukan secara harmonis unsur estetika, logika, kinestetika,

dan etika. Sifat multikultural mengandung makna pendidikan seni menumbuhkembangkan kesadaran dan kemampuan apresiasi terhadap beragam seni budaya. Hal ini merupakan wujud pembentukan sikap demokratis yang memungkinkan seseorang hidup secara beradab serta toleran dalam masyarakat dan budaya yang majemuk.

Di sekolah menengah mata pelajaran Seni Budaya memiliki kekhasan tersendiri sesuai dengan kaidah keilmuan masing-masing yaitu bidang seni rupa, musik, tari, dan teater. Dalam seni budaya, aktivitas berkesenian harus menampung kekhasan tersebut, sehingga sekolah wajib melaksanakan minimal dua aspek seni yang dapat disesuaikan dengan minat siswa, kondisi sekolah dan budaya masyarakatnya.

Silabus ini merupakan acuan bagi guru dalam melakukan pembelajaran agar siswa mampu memiliki pengetahuan apresiasi dan kreasi melalui berkarya seni rupa, musik, tari dan teater. Selain itu juga harus memperhatikan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum, mudah diajarkan oleh guru (teachable), mudah dipelajari oleh siswa (learnable); terukur pencapainnya (measurable); dan bermakna untuk dipelajari (worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan siswa.

Silabus ini bersifat fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keungulan-keunggulan local. Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan berbagai model yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran. Dalam melaksanakan silabus ini guru diharapkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan siswa.

[collapse]

Secara umum ada beberapa lingkup materi yang disampaikan pada silabus Seni Budaya SMP Kurikulum 2013 revisi 2017 ini, yakni sebagai berikut:

silabus seni budaya smp kurikulum 2013 revisi 2017 1 silabus seni budaya smp kurikulum 2013 revisi 2017 2 silabus seni budaya smp kurikulum 2013 revisi 2017 3

Bagi rekan guru yang membutuhkan salinan silabus ini dapat download dibawah ini:

Silabus Seni Budaya SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017.

Semoga silabus ini bermanfaat untuk rekan guru dalam menyiapkan administrasi dan menyusun RPP untuk mengajar di kelas. Semoga amal ibadah yang rekan guru berikan melalui pendidikan mendapat pahala dan balasan dari yang Maha Kuasa. Aamiin.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Maaf Dilarang Copas Ya :)
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x