Loading...
SilabusAdministrasiAdministrasi GuruSMP

Silabus IPA SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017

Silabus IPA SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017

Silabus IPA SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017.

Pada kesempatan kali ini Admin akan membagikan silabus IPA SMP kurikulum 2013 revisi 2017 untuk semua tingkatan baik kelas 7, 8, maupun 9.

Sebelum Admin membagikan link untuk silabus ini, alangkah baiknya rekan guru membaca dulu pendahuluan yang diberikan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan mengenai silabus IPA SMP Kurikulum 2013 revisi 2017 ini.

Pendahuluan Silabus IPA SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017

PENDAHULUAN

Berdasarkan UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab II Pasal 3, tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa; bertujuan untuk berkembangnya potensi siswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Dalam mencapai tujuan pendidikan nasional dan menghadapi tantangan abad 21 yang ditandai dengan perkembangan teknologi yang pesat, ilmu pengetahuan alam menjadi salah satu landasan penting dalam pembangunan bangsa. Oleh karena itu, pembelajaran ilmu pengetahuan alam diharapkan dapat menghantarkan siswa memenuhi kemampuan berikut ini:

  • Keterampilan belajar dan berinovasi yang meliputi berpikir kritis dan mampu menyelesaikan masalah, kreatif dan inovatif, serta mampu berkomunikasi dan berkolaborasi.
  • Terampil untuk menggunakan media, teknologi, informasi dan komunikasi (TIK).
  • Kemampuan untuk menjalani kehidupan dan karir, meliputi kemampuan beradaptasi, luwes, berinisiatif, mampu mengembangkan diri, memiliki kemampuan sosial dan budaya, produktif, dapat dipercaya, memiliki jiwa kepemimpinan, dan tanggungjawab.

Memperhatikan konteks global dan kemajemukan masyarakat Indonesia, misi dan orientasi Kurikulum 2013 diterjemahkan dalam praktik pendidikan dengan tujuan khusus agar siswa memiliki kompetensi yang diperlukan bagi kehidupan masyarakat di masa kini dan di masa mendatang, sebagaimana ditunjukkan pada Gambar 1. Kompetensi yang dimaksud yaitu: (1) menumbuhkan sikap religius dan etika sosial yang tinggi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara; (2) menguasai pengetahuan; (3) memiliki keterampilan atau kemampuan menerapkan pengetahuan dalam rangka melakukan penyelidikan ilmiah, pemecahan masalah, dan pembuatan karya kreatif yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.

Ilmu Pengetahuan Alam atau sains adalah upaya sistematis untuk menciptakan, membangun, dan mengorganisasikan pengetahuan tentang gejala alam. Upaya ini berawal dari sifat dasar manusia yang penuh dengan rasa ingin tahu. Rasa ingin tahu ini kemudian ditindaklanjuti dengan penyelidikan dalam rangka mencari penjelasan yang paling sederhana namun akurat dan konsisten untuk menjelaskan dan memprediksi gejala-gejala alam.

Hasil dari penyelidikan ini umumnya membawa ke pertanyaan lanjutan yang lebih rinci dan lebih kompleks. Kegiatan penyelidikan ini memerlukan teknologi yang tersedia yang pada akhirnya akan menghasilkan teknologi terbaru. Di lain pihak, dari kegiatan penyelidikan pada akhirnya dihasilkan teknologi yang lebih baru. Dengan demikian, Ilmu Pengetahuan Alam layak dijadikan sebagai wahana untuk menumbuhkan dan menguatkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara terus-menerus pada diri siswa di berbagai jenjang pendidikan.

[collapse]

Secara umum ada beberapa lingkup materi yang disampaikan pada silabus IPA SMP Kurikulum 2013 revisi 2017 ini, yakni sebagai berikut:

silabus ipa smp kurikulum 2013 revisi 2017

Bagi rekan guru yang membutuhkan salinan silabus ini dapat download dibawah ini:

Silabus IPA SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017.

Semoga silabus ini bermanfaat untuk rekan guru dalam menyiapkan administrasi dan menyusun RPP untuk mengajar di kelas. Semoga amal ibadah yang rekan guru berikan melalui pendidikan mendapat pahala dan balasan dari yang Maha Kuasa. Aamiin.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Maaf Dilarang Copas Ya :)
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x