Loading...
Informatika Kelas 7 Kurikulum MerdekaKelas 7 Kurikulum MerdekaKurikulum MerdekaSMP Kurikulum Merdeka

Informatika Kelas 7 Bab 9 Kurikulum Merdeka

Informatika Kelas 7 Bab 9 Kurikulum Merdeka

Informatika Kelas 7 Bab 9 Kurikulum Merdeka

Halo adik-adik berjumpa lagi di Portal Edukasi.

Pada kesempatan lalu Admin telah membagikan Materi Informatika Kelas 7 Bab 8 : Dampak Sosial Informatika.

Pada materi kali ini kita akan membahas tentang Materi Informatika Kelas 7 Bab 9 : Praktika Lintas Bidang Informatika.

Yuk mari disimak!

KURIKULUM MERDEKA

Materi Informatika Kelas 7 Bab 9

Praktika Lintas Bidang Informatika

 

 

Pengembangan Artefak Komputasional

Artefak Komputasional adalah objek yang diciptakan sebagai hasil berpikir komputasional.

Objek ini dapat berupa:

  • kode program
  • aplikasi
  • situs web
  • foto/gambar
  • audio
  • video
  • presentasi
  • dll

Pengembangan artefak komputasional dibantu dengan penggunaan tools pengembangan, seperti software integrated development tools (IDE), aplikasi video editing, Aplikasi Perkantoran, 3D drawing dan printing, dan lainnya.

Salah satu tools pengembangan artefak komputasional yang dipakai dalam materi ini adalah papan sirkuit Makey Makey dan bahasa pemrograman Scratch.

 

Pengenalan Makey Makey

Makey Makey adalah papan sirkuit elektronis yang ditemukan oleh Eric Rosenbum dan Jay Silver.

Makey Makey sendiri adalah papan sirkuit yang dapat dihubungkan ke komputer dan dapat berfungsi seperti keyboard.

Kita dapat membuat alat masukan ke komputer dari benda-benda di sekitar kita yang bersifat konduktor.

Jadi sebenarnya bisa apa saja ya selama dia bersifat konduktor, contohnya bermain game menggunakan buah-buahan seperti pisang, tomat, dan apel untuk bermain piano, daun basah untuk bermain game dan masih banyak benda lainnya yang akan kita temukan.

 

Bagian Bagian Makey Makey

Makey Makey sebagai papan sirkuit yang dapat menggantikan keyboard memiliki enam lubang masukan bukan ground dan enam lubang ground di bagian depan papan.

Lubang bukan ground di bagian depan tersebut dapat digunakan untuk menggantikan tombol panah atas, panah kiri, panah bawah, panah kanan, spasi, dan klik.

Lubang tersebut dapat dihubungkan dengan klip buaya.

Papan Makey Makey memiliki 12 masukan lainnya di bagian belakang, 6 untuk tombol keyboard, dan 6 untuk gerakan mouse, yang dapat diakses dengan jumper/kabel bantuan.

Nah berikut ini adalah penampakan dari makey makey ini:

Informatika Kelas 7 Bab 9 Kurikulum Merdeka Informatika Kelas 7 Bab 9 Kurikulum Merdeka

 

Membuat Alat Musik Sendiri

Nah dimulai dari bagian ini kalian tidak akan bisa melakukan apapun jika tidak memiliki papan makey makey nya.

Sama seperti Admin huhuhu.

Jadi yaa kita ikuti saja yang ada dari buku paket dulu ya!

Disini kita mencoba (dibayangkan saja dulu deh ya) menghubungkan makey makey dengan bahasa pemograman dari scratch lagi.

Langkahnya?

Pertama-tama siapkan alat dan bahan yaitu:

  • 1 Buah komputer / laptop
  • 1 Buah papan makey makey
  • 6 Buah kabel yang telah dipasangkan klip buaya di setiap ujungnya
  • 6 Buah uang logam
  • 1 Buah sendok logam

Kemudian caranya:

  • Buka situs https://scratch.mit.edu
  • Pilih search
  • Ketik “project drum set” dan tekan enter
  • Pilih sesuai selera

Informatika Kelas 7 Bab 9 Kurikulum Merdeka

Informatika Kelas 7 Bab 9 Kurikulum Merdeka

 

Setelah itu hubungkan Makey Makey dengan Komputer, dan hubungkan kabel dan klip buaya pada Makey Makey dengan uang logam sesuai pengaturan berikut ini:

  • Bass Drum terhubung dengan tombol spasi (space)
  • Snare Drum terhubung dengan panah atas
  • Hi-hat (buka) kita gunakan panah kanan
  • Hi-hat (tutup) kita gunakan panah kiri
  • Crash Cymball kita gunakan panah bawah
  • Untuk pemukul, siapkan sendok logam yang akan kita gunakan sebagai stick drum terhubung ke ground.

Sehingga akan seperti ini:

Informatika Kelas 7 Bab 9 Kurikulum Merdeka

 

Terus ya tinggal coba deh~ (Kalau punya semua alat nya 😛 )

 

Pengembangan Synthesizer dengan Media Air dan Makey Makey

Nada musik adalah suara yang muncul secara stabil pada periode waktu tertentu, yang ditandai dengan adanya durasi, pitch, intensitas, dan timbre.

Suara atau audio sendiri adalah getaran yang ditransmisikan sebagai gelombang akustik melalui media udara, air, maupun zat padat.

Suara dengan frekuensi 20Hz – 20kHz dapat didengarkan oleh manusia.

Komputer sebagai perangkat elektronis mampu membangkitkan sinyal suara, yang juga dilakukan oleh synthesizer.

Synthesizer adalah alat musik yang mampu membangkitkan audio dengan berbagai metode, seperti: substractive synthesis, additive synthesis, dan frequency modulation synthesis.

Audio ini dapat dibentuk dan dimodulasi oleh komponen seperti filter, envelope, dan osilator frekuensi rendah.

Synthesizer biasanya dimainkan dengan keyboard atau dikontrol oleh sequencer.

 

Apabila kalian sudah cukup memahami materi ini, coba juga latihan soal materi ini pada link dibawah ini:

 

Latihan Soal Informatika Kelas 7 Bab 9 Kurikulum Merdeka

 

Sekian rangkuman yang dapat Admin bagikan kali ini tentang rangkuman materi Informatika Kelas 7 Bab 9 Kurikulum Merdeka.

Jangan lupa share ke teman teman kalian apabila kalian merasa artikel ini bermanfaat untuk kalian.

Selalu kunjungi Portal Edukasi untuk rangkuman materi lainnya ya.

 

Baca Juga : Daftar Isi Rangkuman Materi Seluruh Pelajaran

 

4.7 3 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
error: Maaf Dilarang Copas Ya :)
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x