Loading...
Siswa

Tips Memilih Sekolah

Adik adik dimanapun kalian berada sebentar lagi akan memasuki tahun ajaran baru nih 2018/2019, Admin mau tanya apakah kalian sudah tentukan mau masuk sekolah mana? Apakah kalian masih galau menentukan sekolah yang kalian ingin pilih? Kali ini Admin mencoba memberikan sedikit tips nih untuk memilih sekolah agar kalian tidak salah pilih. Yuk disimak tips dari Admin dibawah ini:

1.Sesuai Hati Nurani

hati nurani

Hal paling mendasar yang perlu kalian ingat adalah ketika memilih sekolah harus sesuai dengan hati nurani, sesuai keinginan kalian ingin masuk mana. Jangan pernah ketika memilih sekolah karena beberapa alasan umum dibawah ini:

a. Keinginan orang tua

Biasanya kebanyakan dari kalian pasti menyerahkan semuanya kepada orang tua untuk memilih sekolah yang akan kalian tuju. Sebaiknya kalian memilih beberapa sekolah yang kalian memang inginkan dari awal dan berikan pilihan tersebut kepada orang tua kalian agar mendapat saran terbaik.

b. Ikut ikut teman

Nah, ini dia yang biasanya paling Admin sering temui dan lihat. Ikut ikut dengan teman! Ya itu adalah kesalahan besar adik adik, jangan pernah hanya ikut ikut teman ketika memilih sekolah. Kenapa jangan? Karena ketika kita tidak nyaman di sekolah yang baru akan menjadi masalah besar. Berbeda dengan pilihan kita sendiri, meskipun tidak nyaman kita akan tetap bertahan di sekolah itu karena pilihan kita sendiri, ya kan?

Meskipun Admin menyarankan sesuai keinginan hati nurani, namun harus tetap melihat situasi dan kondisi ya adik adik. Jangan pernah memaksakan kehendak kita pribadi tanpa melihat hal-hal lain, minta lah saran orang tua untuk hal ini.

2.Kredibilitas Sekolah

berkualitas

Apa itu kredibilitas sekolah? Kredibilitas adalah sebagus apa sekolah tersebut, bagus disini bukan dari tampilan luar saja ya adik adik namun lebih ke sejauh mana sekolah tersebut memberikan pelayanan terbaik. Pelayanan yang Admin maksud yaitu:

a. Kelengkapan sarana dan prasarana

Hal ini terlihat simple tapi sangat penting loh, adik adik harus pintar memilih sekolah yang memiliki kelengkapan pembelajaran yang lengkap. Seperti apakah buku disediakan, ruangan kelas apakah memadai, adakah lapangan untuk olahraga dan semacamnya.

b. Kedisiplinan guru dan staff

Kedisiplinan guru dan staff sangatlah penting karena jika guru dan staff disiplin akan dipastikan sekolah tersebut bisa membuat adik adik lebih pintar sehingga bisa menjadi pertimbangan adik adik untuk mendaftar.

3.Jarak

jarak ke sekolah

Jarak terkadang sering dilupakan padahal jarak adalah salah satu aspek yang perlu diperhatikan loh. Jarak yang dipilih janganlah terlalu jauh, kenapa Admin menyarankan jangan terlalu jauh? Inilah beberapa poin alasan kenapa jangan terlalu jauh dalam memilih sekolah, yaitu:

a. Lelah di perjalanan

Lelah di perjalanan karena jauh, duh Admin merasakan betul hal itu. Ketika sekolah terlalu jauh, energi pagi hari kita sudah banyak terpakai untuk berangkat ke sekolah alhasil sampai di sekolah bukan semangat malah malas karena capek. Belum lagi ketika pulang sekolah, ya sudah capek ya sudah banyak tugas eh pulang ke rumah jauh. Aduh jangan sampai deh kayak gini adik adik.

b. Biaya perjalanan yang mahal

Ini sangat penting untuk diperhatikan, karena jika jarak ke sekolah terlalu jauh tentu saja biaya perjalanan akan mahal. Biaya yang Admin maksud adalah ongkos kendaraan umum ataupun bensin apabila menggunakan kendaraan pribadi, semakin banyak biaya perjalanan semakin sedikit dong jajan kita nantinya hehe.

4. Ekstrakulikuler

ekskul

Hal terakhir yang bisa kalian pertimbangkan ketika memilih sekolah adalah pastikan banyak memiliki ekstrakulikuler atau yang biasa kita sebut ekskul. Kenapa ekskul kok jadi pertimbangan? Admin berpendapat bahwa apabila sekolah tersebut memiliki ekskul yang banyak dan aktif kalian dapat mengembangkan bakat yang telah kalian miliki dan siapa tau bisa berprestasi di bidang tertentu ya kan? Jadi pastikan sekolah yang kalian akan tuju memiliki ekskul yang banyak dan aktif ya.

 

Demikian tips yang bisa Admin berikan dalam memilih sekolah, semoga tips ini dapat bermanfaat ya untuk adik adik semua.

Tinggalkan Komentar...

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Maaf Dilarang Copas Ya :)