Loading...
Informatika Kelas 8 Kurikulum MerdekaKelas 8 Kurikulum MerdekaKurikulum MerdekaSMP Kurikulum Merdeka

Informatika Kelas 8 Bab 4 Kurikulum Merdeka

Informatika Kelas 8 Bab 4 Kurikulum Merdeka

Informatika Kelas 8 Bab 4 Kurikulum Merdeka

Halo adik-adik berjumpa lagi di Portal Edukasi.

Pada kesempatan sebelumnya Admin telah membagikan Rangkuman Materi Informatika Kelas 8 Bab 3 : Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas Rangkuman Materi Informatika Kelas 8 Bab 4 : Sistem Komputer.

Yuk mari disimak!

KURIKULUM MERDEKA

Materi Informatika Kelas 8 Bab 4

Sistem Komputer

 

Komponen Sistem Komputer

Sebuah sistem komputer terdiri atas tiga komponen yaitu:

  • perangkat keras (hardware)
  • perangkat lunak (software)
  • pengguna (brainware)

Kita akan bahas lebih jauh satu per satu untuk ini.

 

Perangkat Keras Komputer

Namanya juga perangkat keras, berarti bisa disentuh ya.

Perangkat keras dapat dibagi menjadi 4 macam yaitu:

  • perangkat bagian masukan (input)
  • perangkat bagian keluaran (output)
  • perangkat bagian pemrosesan (processing)
  • perangkat bagian penyimpanan (storage)

Contoh perangkat masukan:

  • keyboard
  • mouse
  • microphone
  • dll

Contoh perangkat keluaran:

  • monitor
  • speaker
  • printer
  • dll

Kemudian kalau untuk bagian utama dari perangkat pemrosesan adalah prosesor yang berfungsi sebagai otak dari sebuah komputer.

Prosesor terdiri atas 3 bagian yaitu:

  • Unit kontrol (Control Unit)
  • Unit aritmatika dan logika (Arithmetic Logic Unit)
  • Register

Control Unit adalah bagian prosesor yang bertugas untuk mengendalikan perangkat yang terpasang pada komputer, dari alat input, output, dan penyimpanan.

Arithmetic Logic Unit adalah bagian prosesor yang dapat mengolah data aritmatika dan data logika.

Register adalah sebuah memori kecil dengan kecepatan yang sangat tinggi yang digunakan untuk menyimpan data sementara yang sedang diproses.

Contoh storage:

  • Harddisk (HDD)
  • Solid State Drive (SSD)
  • Flashdrive (Flashdisk cuy)
  • eMMC
  • dll

 

Perangkat Lunak Komputer

Perangkat lunak pada komputer dibagi menjadi tiga yaitu:

  • sistem operasi
  • perangkat lunak aplikasi
  • perangkat lunak pemrograman

Software berisi perintah atau instruksi untuk menjalankan komputer dan tanpanya komputer tidak dapat difungsikan.

Kita bahas lebih jauh ya!

 

Sistem Operasi

Sistem operasi atau bahasa gaulnya operating system, merupakan sekumpulan program yang ditulis untuk melayani program-program lain berinteraksi dengan perangkat keras.

Contoh OS yang sering digunakan di PC:

  • Windows
  • Linux
  • Unix
  • MacOs
  • Solaris
  • dll

Sedangkan kalau di smartphone ada Android dan iOS.

Sistem operasi berfungsi untuk melakukan kontrol dan manajemen sumber daya (resource) yang dimiliki hardware dan software komputer, manajemen proses, dan mengawasi serta melindungi jalannya sebuah program.

 

Perangkat Lunak Aplikasi

Aplikasi adalah program komputer siap pakai yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan yang spesifik.

Berikut ini beberapa contoh aplikasi:

  • Pengolah kata (word processor) : Notepad, Wordstar, Microsoft Word, Word Perfect, AmiPro.
  • Pengolah lembar kerja (spreadsheet) : Lotus123, Microsoft Excel, QuattroPro.
  • Pengolah basis data (database) : Microsoft Access, dBase, MySQL, SQL Server.
  • Presentasi: Microsoft PowerPoint, LibreOffice Impress, Powtoon.
  • Peramban internet dan aplikasi pesan: Microsoft Edge, Google Chrome, Opera Mini, Whatsapp, Zoom, Google Meet, Cisco Webex, Telegram.
  • Desain grafis: CorelDraw, PhotoShop, Canva, Pixlr, PicsArt, Adobe Illustrator.
  • Multimedia: GOM Player, iTunes.

 

Perangkat Lunak Pemrograman

Perangkat lunak pemrograman adalah program yang digunakan untuk menulis, mengembangkan, menguji, dan men-debug program perangkat lunak lainnya.

Contohnya:

  • C++
  • Visual Basic
  • Scratch
  • Python
  • Pascal
  • dll

 

Pengalamatan Memori

Ketika kita menyimpan suatu data agar bisa dibuka di waktu yang lain, perlu mekanisme yang disebut pengalamatan memori (memory addressing).

Komputer sering menampilkan alamat memori dalam sistem bilangan heksadesimal.

Sistem heksadesimal menggunakan 16 macam simbol, yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, A, B, C. D, E, dan F.

Huruf-huruf A, B, C, D, E, F berturut-turut nilainya adalah 10, 11, 12, 13, 14, 15.

Sistem heksadesimal mengorganisasikan memori utama ke dalam suatu byte yang terdiri atas 8 bit (binary digit).

Setiap byte digunakan untuk menyimpan satu karakter alfanumerik yang dibagi dalam dua grup setiap bagian 4 bit.

Jika satu byte dibentuk dari dua grup 4 bit, setiap bagian 4 bit disebut nibble.

Empat bit pertama disebut high-order nibble dan 4 bit kedua disebut low-order nibble.

Nah aturan konversi heksadesimal ukuran 4 bit terdapat pada tabel dibawah ini:

Aturan Konversi pada Heksadesimal Ukuran 4 Bit

Sekarang kita belajar untuk mengkonversi bilangan heksadesimal ke biner ataupun desimal dan juga sebaliknya.

Kalau konversi dari desimal ke heksadesimal tinggal pakai cara yang sama seperti dari desimal ke biner ya tapi dengan basis 16.

Kalau konversi dari heksadesimal ke desimal juga sama kok seperti dari biner ke desimal dengan basis 16.

Nah yang akan kita perdalam adalah dari biner ke heksadesimal ok?

 

Cara Konversi Bilangan Biner ke Heksadesimal dengan Tabel Konversi

Hal hal yang perlu diperhatikan dalam mengkonversi bilangan biner ke heksadesimal:

  • Gunakan tabel apabila tersedia, karena itu memudahkan kita.
  • 4 digit bilangan biner akan setara dengan 1 digit bilangan heksadesimal.
  • Kalau bagian paling kiri ternyata kurang dari 4 angka, tinggal kasih angka nol di paling kiri nya.

Nah berikut ini adalah tabelnya:

tabel konversi biner ke heksadesimal

Jadiii misalkan kalau kalian disuruh ubah dari 10101010 ke heksadesimal.

Langkahnya:

  • Pecah menjadi 4 digit 4 digit dari paling kanan
  • Jadinya dari 10101010 menjadi 1010 1010
  • Lihat di tabel berapa 1010 itu? oh ternyata A
  • Jadi 10101010 = AA
  • Beres

Contoh lain ubahlah 1001110 ke heksadesimal.

Langkahnya:

  • Pecah menjadi 4 digit 4 digit dari paling kanan
  • Jadinya dari 1001110 menjadi 100 1110
  • Waah ternyata bagian paling kirinya hanya 3 angka ya kan? Ingat tinggal tambahkan nol
  • Jadinya 0100 1110
  • Lihat di tabel untuk setiap urutannya
  • Oh ternyata 0100 = 4
  • Oh ternyata 1110 = E
  • Jadi 1001110 = 4E
  • Beres

Min tapi kan kalau ujian ga bisa nyontek tabel 🙁

Tenaaang Admin kasih tau caranya 😀

 

Cara Konversi Bilangan Biner ke Heksadesimal Tanpa Tabel Konversi

Caranya adalah:

  • Pecah bilangan biner menjadi 4 digit 4 digit
  • Tulis angka 8421 berurutan dibawah angka yang sudah dipecah tadi
  • Kalikan angka 4 digit dengan 8421 secara berurutan
  • Jumlahkan hasil 4 angka tersebut pada setiap bagiannya
  • Beres

Contohnya harus mengubah 00110010 ke heksadesimal, jadinya:

Informatika Kelas 8 Bab 4 Kurikulum Merdeka

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengalamatan Memori dengan Heksadesimal

Alamat memori komputer biasanya ditampilkan dalam bentuk heksadesimal yang digunakan komputer saat menyimpan data.

Setiap kali sepotong informasi atau data disimpan, komputer harus menghitung di mana data akan disimpan dalam memori, berdasarkan segmen dan alamat dari hard drive.

Alamat memori ditampilkan sebagai dua bilangan heksadesimal, sebagai contoh 0000:0008.

Bilangan heksa yang pertama disebut alamat segmen, sedangkan bilangan kedua disebut alamat offset.

Untuk mengetahui alamat fisik pada perangkat keras kita hanya perlu menambahkan nilai bilangan pada alamat segmen dan alamat offset dalam format heksadesimal.

Contohnya:

alamat fisik perangkat keras

 

Central Processing Unit

Central Processing Unit (CPU) adalah otak dari sebuah komputer, yang berisi semua sirkuit yang dibutuhkan untuk memproses input, menyimpan data dan hasil keluaran.

CPU dapat memproses setiap instruksi program komputer dengan mudah karena ada Control Unit (CU) dan Arithmetic Logic Unit (ALU).

Secara fisik, CPU adalah sirkuit terintegrasi atau yang juga dikenal dengan nama chip.

CPU sendiri memiliki beberapa lapisan (layer).

Gerbang sirkuit dan logika merupakan bentuk abstraksi dalam pengaturan operasi dari CPU, sedangkan chip merupakan bentuk fisiknya.

Secara abstraksi, dalam melakukan perhitungan, CPU mengombinasikan berbagai gerbang logika menjadi sebuah gerbang sirkuit.

Gerbang logika bekerja pada bilangan biner (hanya terdapat 2 kode bilangan biner yaitu, angka 1 dan 0) dengan cara mengambil dua input biner, melakukan operasi pada mereka, dan mengembalikan output.

Ada tujuh jenis Gerbang logika, yaitu OR, NOR, AND, NAND, XOR, XNOR, dan NOT.

Berikut ini adalah tabel logika tersebut:

tabel logika

 

Apabila kalian sudah cukup memahami materi ini, coba juga latihan soal materi ini pada link dibawah ini:

 

Latihan Soal Informatika Kelas 8 Bab 4 Kurikulum Merdeka

 

Sekian rangkuman yang dapat Admin bagikan kali ini tentang rangkuman materi Informatika Kelas 8 Bab 4 Kurikulum Merdeka.

Jangan lupa share ke teman teman kalian apabila kalian merasa artikel ini bermanfaat untuk kalian.

Selalu kunjungi Portal Edukasi untuk rangkuman materi lainnya ya.

 

Baca Juga : Rangkuman Materi Informatika Kelas 8 Bab 5 Kurikulum Merdeka

4.1 11 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
maulanafajarsidiq9@gmail.com

bab 5 nya cepet up dong min

error: Maaf Dilarang Copas Ya :)
1
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x