Loading...
Informatika Kelas 8 Kurikulum MerdekaKelas 8 Kurikulum MerdekaKurikulum MerdekaSMP Kurikulum Merdeka

Informatika Kelas 8 Bab 3 Kurikulum Merdeka

Informatika Kelas 8 Bab 3 Kurikulum Merdeka

Informatika Kelas 8 Bab 3 Kurikulum Merdeka

Halo adik-adik berjumpa lagi di Portal Edukasi.

Pada kesempatan sebelumnya Admin telah membagikan Rangkuman Materi Informatika Kelas 8 Bab 2 : Berpikir Komputasional.

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas Rangkuman Materi Informatika Kelas 8 Bab 3 : Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Yuk mari disimak!

KURIKULUM MERDEKA

Materi Informatika Kelas 8 Bab 3

Teknologi Informasi dan Komunikasi

 

Perangkat Lunak Aplikasi dan Fitur Aplikasi

Perangkat lunak aplikasi atau program aplikasi (disingkat aplikasi) adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu yang berkaitan dengan pengoperasian komputer itu sendiri.

Aplikasi biasanya digunakan oleh pengguna, yang biasanya disebut end-user.

Aplikasi hanyalah sebuah program yang harus dikendalikan oleh pengguna, jadi ya kita sebagai pengguna harus tahu dulu kegunaan aplikasi tersebut apa dan tujuannya untuk apa.

Nah sekarang kita akan pelajari lebih jauh tentang isi dari aplikasi pada umumnya.

 

Objek Aplikasi

Setiap aplikasi mempunyai objek utama yang dikelola, misalnya:

  • Aplikasi pengolah kata digunakan untuk mengelola dokumen yang terutama terdiri atas teks yang berada dalam halaman, memiliki sejumlah paragraf, kata, tanda baca, dan lain-lain.
  • Aplikasi pengolah lembar kerja digunakan untuk mengelola sekumpulan lembar kerja (worksheet), yang di dalamnya dapat berisi angka, teks, formula (rumus), dan lain-lain.
  • Aplikasi presentasi digunakan untuk mengelola sekumpulan slides untuk mempresentasikan sesuatu kepada orang lain, yang utamanya berisi teks dan gambar, dll.

Objek aplikasi akan disusun secara terstruktur dan mempunyai hubungan satu sama lain.

Objek atau potongan objek dari sebuah aplikasi dapat dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain, baik dalam ataupun luar program itu sendiri.

Untuk memindahkan objek kita bisa menggunakan perintah cut atau copy dan paste.

Objek utama aplikasi diolah sementara pada jendela aplikasi yang terbuka dan hanya ketika jendela aplikasi itu terbuka saja.

Ketika kita menutupnya maka ya hilang, oleh karena itu ada fitur save, sehingga kita bisa menyimpan dalam bentuk file untuk dibuka kembali kemudian hari.

Setiap file yang dibuat oleh aplikasi tentu akan memiliki ekstensi yang berbeda-beda ya, misalnya:

  • File dari aplikasi pengolah kata disimpan dalam format .doc, .docx. .rtf, .odt, atau format lainnya.
  • File dari aplikasi pengolah lembar kerja disimpan dalam format .xls, .xlsx, .ods, .csv atau format lainnya.
  • File dari aplikasi pengolah bahan presentasi (slides) disimpan dalam format .ppt, .pptx, .odp atau format lainnya.
  • File gambar dengan representasi data berupa bitmap yang disimpan dalam format .png, .bmp, .jpeg.
  • File gambar dengan representasi data berupa vektor yang disimpan dalam format .svg.
  • File .PDF adalah file dalam format yang portabel, dan dapat diproses oleh aplikasi apa pun.
  • File teks murni, hanya dalam deretan karakter yang disimpan dalam format .txt atau .html (siap ditampilkan oleh web browser).

 

Fitur Aplikasi

Setiap aplikasi pasti memiliki fitur-fitur tersendiri yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Untungnya antarmuka kebanyakan aplikasi itu mirip-mirip karena sudah berbasis GUI (Graphical User Interface).

Fitur Cut, Copy, dan Paste adalah fitur yang paling populer digunakan dari jaman purba sampai sekarang hehe.

Sejarahnya sih diinspirasi dari praktik tradisional dalam pengeditan naskah yang diketik pada sebuah kertas, di mana orang memotong (cut) paragraf dari halaman dengan gunting dan menempelkannya ke halaman lain (paste).

Pada aplikasi komputer perintah Cut memindahkan teks atau objek lain ke dalam clipboard atau buffer yang berupa tempat penyimpan sementara.

Perintah Paste akan memindahkan objek dari clipboard tersebut menuju ke dokumen tujuan.

Perintah Copy akan menyalin teks atau objek lain yang disorot ke dalam clipboard dan akan memindahkan objek dari clipboard tersebut menuju ke dokumen tujuan.

Selain tiga fitur tadi, ada juga fitur Screen Shot dan Snipping Tools.

Screen shot digunakan untuk menangkap layar, pada platform Windows dapat menggunakan tombol [PrtScr] kemudian paste ke jendela yang sedang aktif, nah nanti hasilnya akan tampil sesuai dengan tampilan jendela yang ditangkap dalam berupa gambar.

Kelemahannya, hasilnya seluruh layar akan tertangkap dan harus crop (potong) manual kalau inginkan bagian tertentu saja.

Selain menggunakan screen shot, kita bisa juga gunakan snipping tools.

Fungsinya sih sama buat ngambil tangkapan layar, tapi lebih leluasa dalam memilih bagian yang diinginkan.

 

Analisis Aplikasi Pengolah Kata

Nah sekarang kita akan analisis isi dari aplikasi pengolah kata yaitu Microsoft Word.

Ada banyak objek-objek yang bisa kita temukan pada Ms. Word ini, berikut rincinya:

Informatika Kelas 8 Bab 3 Kurikulum Merdeka

Informatika Kelas 8 Bab 3 Kurikulum Merdeka

Informatika Kelas 8 Bab 3 Kurikulum Merdeka

Informatika Kelas 8 Bab 3 Kurikulum Merdeka

 

 

Laboratorium Maya

Laboratorium Maya adalah laboratorium yang dibuat secara maya dengan menggunakan komputer.

Laboratorium maya pertama hadir dengan nama Virtual Laboratory of Physiology pada tahun 1977.

Laboratorium ini terus berkembang dari ilmu fisiologi ke ilmu hayat, ilmu pengetahuan umum, seni, dan sastra.

Pada tahun 2000, proyek ini dimasukkan ke dalam proyek penelitian The Experimentalization of Life, yang didanai oleh Volkswagen Foundation.

Pada tahun 2002, versi pertama dari Laboratorium Virtual online.

Ya walaupun penggunaan laboratorium maya ini lebih simple ya karena online, tapi tetap memiliki kelemahan.

Berikut ini perbandingan antara laboratorium maya dan fisik:

perbandingan laboratorium maya dan fisik

 

Kalau di Indonesia sendiri, kita juga punya loh laboratorium maya, bisa kalian akses disini https://vlab.belajar.kemdikbud.go.id/

Walaupun pas Admin akses sih ga bisa situsnya -_-”

Nah kalau alternatif lainnya, banyak banget tersedia di internet, seperti:

 

Apabila kalian sudah cukup memahami materi ini, coba juga latihan soal materi ini pada link dibawah ini:

 

Latihan Soal Informatika Kelas 8 Bab 3 Kurikulum Merdeka

 

Sekian rangkuman yang dapat Admin bagikan kali ini tentang rangkuman materi Informatika Kelas 8 Bab 3 Kurikulum Merdeka.

Jangan lupa share ke teman teman kalian apabila kalian merasa artikel ini bermanfaat untuk kalian.

Selalu kunjungi Portal Edukasi untuk rangkuman materi lainnya ya.

 

Baca Juga : Rangkuman Materi Informatika Kelas 8 Bab 4 Kurikulum Merdeka

3.8 12 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
error: Maaf Dilarang Copas Ya :)
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x