Loading...
Kelas 9Rangkuman MateriSemester 2SMP

Rangkuman Materi PKN Kelas 9 Bab 4

Rangkuman Materi PKN Kelas 9 Bab 4

Rangkuman Materi PKN Kelas 9 Bab 4.

Halo adik adik, bertemu kembali di Portal Edukasi. Pada kesempatan lalu Admin telah membahas tentang rangkuman materi pelajaran PKN Kelas 9 Bab 3 yaitu tentang Kepatuhan Terhadap Hukum. Pada Kesempatan kali ini Admin Desi yang akan membantu kalian untuk membahas tentang Rangkuman Materi PKN Kelas 9 Bab 4 yaitu tentang Berbudi Pekerti Luhur Sesuai Dengan PancasilaYuk mari disimak!

 

A.Hakikat bertutur kata,bersikap dan berperilaku Sesuai dengan nilai pancasila

1.Makna bertutur kata sesuai dengan nilai pancasila

Manusia adalah makhluk sosial yang perlu berkata-kata ,berbincang-bincang ,dengan manusia lain dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.

Manusia mempunyai perasaan yang dapat merasakan,senang,marah,sakit dan sebagainya.

Untuk itu diperlukan bahasa yang sopan dan santun agar satu sama lain berkomunikasi berjalan lancar dan tidak terjadi kesalah pahaman.

Oleh karena itu ,supaya terhindar dari tutur kata yang buruk,kalian harus:

a. Berpikir sebelum berkata atau menyampaikan sesuatu kepada orang lain

b. Berpikir akibat dari kata-kata yang akan kita ucapkan

c. Berbicara seperlunya tanpa harus memperbanyak perbicaraan yang tidak bermanfaat

d. Sampaikan maksud dengan bahasa yang halus dan tidak berbelit-belit

e. Tidak meninggikan atau mengeraskan suara ketik Berbicara

f. Menunjukan rasa hormat dan penghargaan kepada lawan bicara

g. Berusaha membalas perkataan buruk dengan perkataan yang baik dan sopan.

2. Makna bersikap sesuai dengan nilai pancasila

Bersikap sesuai dengan nilai pancasila sama dengan bersikap positif terhadap pancasila terhadap pancasila. Sikap tersebut harus ditampilkan dalam kehidupan sehari-hari dilingkungan masyrakat,berbangsa dan bernegara oleh seluruh komponen bangsa baik sebagai rakyat maupun aparat pemerintah dengan mengamalkan nilai nilai yang terkandung dalam,tiap sila pancasila.

Berikut sikap yang sesuai dengan sila sila pancasila yang harus ditampilkan oleh setiap siswa :

Nomor Sila :

1.   Ketuhanan yang maha esa

2.   Kemanusiaan yang adil dan beradab

3.   Persatuan indonesia :

a. Menempatkan persatuan ,kesatuan,kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi atau golongan

b. Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara

c. Cinta tanah air dan bangsa

d. Bangga sebagai bangsa indonesia dan bertanah air indonesia .

e. Memajukan pergaulan demi persatuan dan kesatuan bangsa yang ber bhineka tunggal ika

4.   Kerakyatan yang dipimpin oleh hitmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan :

a. Mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat

b. tidak memaksakan kehendak  kepada orang lain

c. Mengutamakan musyawaroh dalam mengambil keputusan untuk kepentingan bersama

d. Musyawaroh untuk mencapai mufakat diliputi oleh semangat kekeluargan

e. Menerima dan melaksanakan hasil keputusan musyawaroh serta mempertanggung jawabkan sscara moral kepada tuhan yang maha esa

5.   Keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia :

a. Mengembangkan perbuatan luhur ,yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan kegotong royongan.

b. Mengembangkan sikap adil terhadap sesama

c. Menjaga keseimbangan antar hak dan kewajiban

d. Menghormati hak orang lain

e. Suka memberi pertolongan kepada  orang lain agar dapat berdiri sendiri

f. Tidak menggunakan hak milik untuk hal-hal yang bersifat pemerasan terhadap orang lain

3. Makna berperilaku sesuai dengan nilai pancasila

Perilaku merupakan perbuatan 1 tindakan dan perkataan seseorang yang sifatnya dapat diamati digambarkan dan dicatat oleh orang lain ataupun orang yang melakukannya. Dengan kata lain perilaku merupakan perwujudan dari sikap manusia.

Secara umum perilaku manusia itu terbagi menjadi dua yaitu perilaku yang baik dan perilaku yang buruk perilaku yang baik disebut juga perilaku mulia. Yaitu perilaku yang mengindahkan berbagi aturan yang berlaku atau sesuai dengan norma – norma yang berlaku. Sedangkan perilaku yang buruk merupakan perilaku yang tidak sesuai dengan norma – norma yang berlaku perilaku buruk ini merupakan penyimpangan dari ketentuan yang berlaku dan dapat mengakibatkan hal – hal yang tidak baik.

Sebagai warga negara indonesia sudah menjadi keharusan untuk berperilaku yang baik sesuai dengan nilai – nilai pancasila hal ini berarti nilai – nilai pancasila yang telah diyakini kebenarannya harus diamalkan atau diwujudkan dalam bermasyarakat , berbangsa dan bernegara oleh karena itu. Masyarakat indonesia membuat kesepakatan yang luhur untuk mendirikan negara indonesia yang berdasarkan pancasila dan merealisasikan nilai – nilai pancasila dalam setiap aspek penyelenggaraan negara dan masyarakat berbangsa dan bernegara dengan demikian , bagi warga negara indonesia mengamalkan pancasila merupakan suatu keharusan.

 

B. Arti penting bertutur kata,sikap,dan berperilaku sesuai dengan nilai pancasila

Dengan menggunakan bahasa yang santun, sikap dan berperilaku yang baik kepada orang lain serta memperlakukan manusia sebagaimana seharusnya manusia. Sebagai Anggota masyrakat, sudah selayaknya jika kalian melatih diri untuk santun dalam berbahasa, sikap dan berperilaku . Dalam keseharian, kalian bersosialisasi tidak hanya dengan teman sebaya namun juga dengan orang – orang yang lebih tua santun, bertutur kata terutama dalam mengemukakan pendapat, begitu juga bersikap dan berperilaku dapat menghindarkan terjadinya kesalah pahaman antara orang – orang yang melakukan kegiatan tersebut pendapat yang kita sampaikan harus dilandasi kebebasan yang bertanggung jawab, tujuannya agar pendapat tersebut dan menyelesaikan masalah disampaikan secara baik dan benar, mengandung nilai – nilai kebenaran serta tidak menyinggung perasaan pribadi maupun sara.

 

C. Bertutur kata bersikap dan berperilaku sesuai dengan nilai – nilai pancasila.

Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan kesepakatan politik ketika negara indonesia didirikan sampai sekarang memasuki perkembangan global.

Sebagai dasar negara tentulah pancasila harus menjadi Acuan negara dalam menghadapi tantangan global dunia yang terus berkembang pancasila sebagai kepribadian bangsa merupakan ciri atau corak yang membedakan bangsa indonesia dengan bangsa yang lainnya.

Oleh karena itu nilai – nilai pancasila harus kita wujudkan dalam bertutur kata dan berperilaku kehidupan sehari – hari dimanapun berada.

1. Lingkungan sekolah

Sekolah sebagai wahana pendidikan kedua setelah keluarga diharapkan maupun berperan serta aktif secara maksimal dalam penanaman nilai – nilai pancasila yang saat ini dirasakan terjadi penurunan yang diakibatkan kurangnya kesadaran dari pihak – pihak yang terkait mengenai arti pentingnya berbudi pekerti sesuai nilai – nilai pancasila untuk itu Budi pekerti disekolah harus memcerminkan nilai – nilai pancasila antara lain tidak menghina teman, berbicara sopn suk menolong, tidak iri atau dengki, dan sebagainya.

2. Lingkungan pergaulan

Sebagai peserta didik sudah pasti pergulan dengan teman – teman sebaya baik dilingkungan sekolah maupun diluar sekolah. Dalam pergaulan tersebut sebagai warg negara baik apalagi sebagai generasi penerus bangsa harus mengamalkan nilai – nilai pancasila dengan antara lain tidak menyinggung perasaan orang lain, tidak menyakiti hati orang lain, bergaul tanpa membeda – bedakan.

Saat ini penggunaan media sosial melalui internet maupun telepon seluler menjadi hal yang biasa dalam pergaulan beberapa peristiwa terjadi hukum karena menggunakan media sosial ini tidak sesuai dengan norma sosial dan hukum yang berlaku. Kita perlu menjaga tutur kata kita baik lisan maupun tulisan agar tetap sesuai dengan nilai – nilai pancasila kebebasan mengeluarkan pendapat tidak berarti bebas bicara apa saja tanpa memperlihatikan etika sopan santun yang berlaku.

3. Lingkungan masyrakat

Dalam kehidupan masyrakat yang beraneka ragam, sudah menjadi keharusan untuk bertutur kata bersikap dsn berperilaku sesuai nilai – nilai pancasila. Perilaku menghargai penyampaian pendapat secara bebas dan bertanggung jawab, dilingkungan masyrakat dapat dilakukan antara lain mengutamakan musyawarah, menghormati pebedaan pendapat, tidak memaksa kehendak.

4. Lingkungan bangsa dan negara

Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara bertutur kata yang sesuai dengan nilai – nilai pancasila sangat diperlukan, mengingat bangsa indonesia yang beraneka ragam suku, agama, adat, istiadat, dan golongan. Para penyelenggara negara, atau dewan perwakilan rakyat dalam musyawarah untuk mengambil keputusan sering terjadi perbedaan pendapat dalam hal ini diperlukan tutur kata yang baik agar tidak menyakiti hati orang lain dan tidak menimbulkan perpecahan.

Baca Juga: Rangkuman Materi PPKN Kelas 9 Bab 5.

Sekian rangkuman yang dapat Admin Desi bagikan kali ini, jangan lupa share ke teman teman kalian apabila kalian merasa artikel ini bermanfaat untuk kalian. Selalu kunjungi Portal Edukasi untuk rangkuman materi lainnya.

 

Tinggalkan Komentar...

avatar
  Subscribe  
Notify of
error: Maaf Dilarang Copas Ya :)